detikNews
Minggu 10 November 2019, 14:30 WIB

Aksi Mural Komunitas Cimindi Ngahiji Peringati Hari Pahlawan

Yudha Maulana - detikNews
Aksi Mural Komunitas Cimindi Ngahiji Peringati Hari Pahlawan Pegiat Komunitas Cimindi Ngahiji membuat mural dalam memperingati Hari Pahlawan. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Cimahi - Beragam cara dilakukan warga untuk memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November. Salah satunya, dengan aksi mural sosok pahlawan Indonesia, seperti yang dilakukan Komunitas Cimindi Ngahiji di Kota Cimahi, Jawa Barat.

Bermodalkan kuas dan cat dinding, Ivan Effendi, Akuy, Unyil, Bimo, Cacan, Ale dan Bo'i tampak cekatan menggoreskan lekukan di dinding Gang H Martobi. Gang itu menjadi akses ribuan warga ke RW 17 dan RW 18 Kelurahan Cibereum, Cimahi Selatan.


Gang ini bersebelahan dengan Kampung Mural Gang Haji Kodir. Gang tersebut dikenal karena puluhan mural gambar tiga dimensi yang menghiasi kawasan tersebut, di samping transformasinya dari wilayah 'beling' ke kampung mural.

"Kalau awalnya oleh komunitas AgnerX di Gg Haji Kodir, karena anggota komunitas semakin banyak, areanya juga meluas maka kami sekarang memakai istilah Kampung Mural Cimindi Ngahiji," kata Ivan, salah seorang kreator mural, saat ditemui detikcom, Minggu (10/11/2019).

Ada lima sosok yang digambar, mereka adalah Presiden ke-3 RI BJ Habibie, proklamator Ir Soekarno dan tiga pahlawan nasional Ibu Inggit Garnasih, Pattimura dan Bung Tomo yang berjuang di era Kemerdekaan.

"Kalau di Gang Haji Kodir, itu khusus untuk spot selfie. Nah, di gang H Martobi ini kami ingin edukasi kepada anak-anak khususnya, agar lebih mengenal sosok pahlawan," ujar Ivan.


Menurut Ivan, sosok yang digambar menggambarkan keterwakilan daerah perjuangan. Seperti Inggit Garnasih yang berjuang di Jawa Barat, Bung Tomo di Surabaya dan Kapitan Pattimura di Maluku.

"Jadi tidak hanya di Jawa atau Sunda saja, ada juga dari wilayah timur Indonesia. Kita hargai perjuangan almarhum ini karena berjuang untuk negara, terasa oleh kita untuk menyatukan satu RW saja sulit," tuturnya.

Lalu lalang warga yang lewat tak menyurutkan konsentrasi mereka dalam menggambar. Bahkan, sesekali warga ikut berpartisipasi dengan memberikan donasi lewat kotak amal yang disediakan di tengah jalan.

"Alhamdulillah banyak warga yang sudah paham, banyak anggota kami yang ingin membantu, tapi sebagian sedang membantu pengecoran masjid," ucap Ivan.





Simak video Pesan Veteran untuk Generasi Milenial: Jangan Korupsi!:

[Gambas:Video 20detik]




(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com