detikNews
Jumat 08 November 2019, 13:21 WIB

Duit Konsumen Dibelanjakan Motor Sport, Bos Akumobil Dibidik Pasal TPPU

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Duit Konsumen Dibelanjakan Motor Sport, Bos Akumobil Dibidik Pasal TPPU BJ, bos dealer digital Akumobil, belanja motor sport dan mobil dari duit milik konsumennya. (Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Bandung - Pria inisial BJ, bos dealer digital Akumobil, menggunakan dana konsumen mobil murah untuk membeli sejumlah aset berupa motor sport. Polisi tengah mengkaji penerapan pasal tindak pidana pencucian uang (TPPU) untuk menjerat BJ.

Polisi saat ini menerapkan Pasal 378 dan/atau Pasal 372 tentang Penipuan dan Penggelapan yang disangkakan kepada BJ. Adanya fakta baru BJ membelanjakan dana konsumennya tidak menutup kemungkinan penyidik membidik Direktur Utama Akumobil tersebut dengan pasal TPPU.

"Kami akan gelar perkara dan mungkin kami naikkan ke TPPU," ucap Kasat Reskrim Polrestabes Bandung AKBP M Rifai di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Jumat (8/11/2019).


Ia menegaskan proses penyelidikan masih berlangsung. "Itu (TPPU) akan kami coba dalami lagi. Akan kami tindak lanjuti," tutur Rifai.

Sekadar diketahui, sejumlah konsumen Akumobil melaporkan dugaan tindak pidana penipuan yang dilakukan oleh Akumobil. Para konsumen membeli mobil murah seharga Rp 50 juta. Uang sudah dibayarkan, tapi konsumen tak mendapatkan mobil. Mereka pun menggeruduk dealer Akumobil di Jalan Sadakeling, Kota Bandung, beberapa waktu lalu.

Dari hasil penyelidikan, polisi menemukan fakta uang konsumen itu oleh BJ dibelikan sejumlah aset bergerak berupa mobil hingga motor. Kendaraan tersebut sudah disita polisi dan disimpan di halaman depan Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung.

Kendaraan tersebut terdiri atas empat unit mobil Toyota Fortuner, satu unit Honda Mobilio, satu unit mobil bak terbuka, dan satu unit mobil towing. Selain kendaraan roda empat, polisi juga menyita lima unit sepeda motor sport berbagai merek.




Tonton juga video Nasabah Geruduk Dealer Akumobil Minta Refund:

[Gambas:Video 20detik]




(dir/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com