Spesifikasi Helikopter Rp 30 Juta Buatan Tukang Bubut Asal Sukabumi

Spesifikasi Helikopter Rp 30 Juta Buatan Tukang Bubut Asal Sukabumi

Syahdan Alamsyah - detikNews
Rabu, 06 Nov 2019 08:37 WIB
Helikopter Rp 30 juta buatan tukang bubut asal Sukabumi. (Syahdan Alamsyah/detikcom)
Helikopter Rp 30 juta buatan tukang bubut asal Sukabumi. (Syahdan Alamsyah/detikcom)
Sukabumi - Jujun Junaedi (45), tukang bubut asal Sukabumi, Jawa Barat, mengaku tak sembarangan dalam memilih bahan dan mesin untuk helikopter buatannya. Termasuk soal penggunaan mesin generator set (genset) yang digunakan sebagai dapur pacu untuk menerbangkan helikopter miliknya. Seperti apa?

Ia menyadari asumsi sebagian orang yang meragukan penggunaan mesin genset tersebut. Hal ini disebut Jujun karena mengetahui genset biasa digunakan hanya untuk penerangan listrik.

"Bukan sekadar penyebutan mesin genset, yang benar adalah mesin penggerak genset. Selama ini asumsi orang mesin genset itu (tenaganya) kecil, menghidupkannya ditarik untuk keperluan penerangan. Sebenarnya ini mesin penggerak genset kapasitas besar. Artinya, penggunaan mesin penggeraknya, bukan (langsung) gensetnya," ucap Jujun saat ditemui detikcom, Rabu (6/11/2019).


Dengan menggunakan mesin penggerak genset, tenaga mentahan yang akan dicapai bisa mengangkat bobot hingga 1,7 ton. "Mesin ini kapasitasnya cukup besar, 24 PK 3.600 RPM 700 cc, dalam artian tenaganya kalau mentahan 1,7 ton," katanya.

Spesifikasi Helikopter Rp 30 Juta Buatan Tukang Bubut Asal SukabumiFoto: Syahdan Alamsyah/detikcom
Sementara alat transportasi udara lain menggunakan avtur atau bensol, Jujun memilih penggunaan bahan bakar Premium. Menurutnya, selain mudah didapatkan, penggunaannya jauh lebih murah dibanding bahan bakar pesawat yang biasa digunakan.

"Selain itu, helikopter ini bisa dinaiki oleh tiga sampai empat penumpang. Bobot pesawat saya buat tidak lebih dari 200 kilogram, overload 250 kilo," ucapnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2