detikNews
Senin 04 November 2019, 17:40 WIB

Target Akhir Tahun Selesai, Proyek Rudet Tamansari Tak Kunjung Mulai

Mochamad Solehudin - detikNews
Target Akhir Tahun Selesai, Proyek Rudet Tamansari Tak Kunjung Mulai Pembangunan rumah deret Tamansari Bandung hingga kini belum terealisasi. (Foto: Mochamad Solehudin/detikcom)
Bandung - Pemkot Bandung sempat menargetkan pembangunan rumah deret (rudet) di RW 11, Kelurahan Taman Sari, Kecamatan Bandung Wetan rampung akhir tahun ini. Nampaknya target itu tidak bisa terealisasi, karena sampai saat ini proyek tersebut tak kunjung dimulai.

Wali Kota Bandung Oded M Danial bahkan mengaku belum mengetahui terkait kelanjutan proyek yang tahapannya sudah dimulai sejak 2017 lalu.

"Sampai hari ini saya belum dapat kabar terakhir (soal pembangunan rudet)," kata Oded di Pendopo Kota Bandung, Senin (4/11/2019).


Di lokasi yang sama Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna menjelaskan, proyek pembangunan belum dimulai karena masih menunggu kondisi situasi keamanan. Hal itu menurutnya menjadi bahan pertimbangan untuk memulai pembangunan.

"Masih tunggu komando, kita tunggu momen situasi. Bagaimanapun juga itu jadi faktor utama yang harus kita perhatikan. Kita pahami ingin akomodasi apa yang sudah disampaikan pihak keamanan," katanya.

Ema memperkirakan anggaran yang disiapkan untuk pembangunan tahap pertama tidak bisa terserap tahun ini. Namun dia memastikan proyek tersebut akan tetap berlanjut.


Mengenai desain dan konsep, dia pastikan tidak ada yang berubah. Rumah deret akan dibangun sebagai pemukiman berbentuk vertikal. Dia juga membantah di lokasi pembangunan itu akan ada kawasan komersial.

"Tidak ada tempat komersil. Tidak ada perubahan desain. (Bentuknya) tower itu kan tempat tinggal. Di Bandung untuk masyarakat banyak sudah tidak mungkin lagi (bangunan) horizontal," katanya.


Sebagaimana diketahui, pembangunan rudet telah dimulai sejak 2017. Pemkot juga telah melakukan penghancuran terhadap rumah warga di RW 11, Kelurahan Tamansari, Kecamatan Bandung Wetan yang menjadi lokasi pembangunan.

Namun rencana Pemkot untuk mengeksekusi proyek itu tidak berjalan mulus. Proyek itu masih mendapat penolakan dari beberapa pihak. Meski begitu Pemkot terus berupaya mengeksekusi pembangunan. Pada Agustus lalu saja, Pemkot mulai melakukan pengamanan aset.


Simak juga video "Mengenal Ragam Budaya Suku Dayak Lundayeh di Rumah Kubu" :

[Gambas:Video 20detik]


(mso/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com