Polisi Cirebon 'Razia' Kendaraan Pelajar di Depan Gerbang Sekolah

Polisi Cirebon 'Razia' Kendaraan Pelajar di Depan Gerbang Sekolah

Sudirman Wamad - detikNews
Senin, 04 Nov 2019 16:26 WIB
Polres Cirebon razia kendaraan pelajar di sekolah. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Polres Cirebon razia kendaraan pelajar di sekolah. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Cirebon - Pelajar SMK Sultan Agung di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, kaget saat sejumlah petugas kepolisian dari Sat Lantas Polres Cirebon mendatangi sekolahnya.

Sat Lantas Polres Cirebon rupanya mendata dan membina pelajar agar tertib berlalu lintas. Proses pemeriksaan kelengkapan kendaraan dilakukan setelah bel pulang sekolah. Satu per satu kendaraan pelajar diperiksa. Mayoritas pelajar tak membawa Surat Izin Mengemudi (SIM).

Kendati demikian, petugas tak menindak para pelajar yang tak membawa kelengkapan kendaraan, termasuk SIM. "Kita tidak melakukan penindakan. Kita hanya memeriksa atau mendata dan membina para pelajar agar taat berlalu lintas. Jadi, kelengkapan kendaraan itu harus dipakai dan dibawa saat berkendara," kata Kaur Mintu Sat Lantas Polres Cirebon Iptu Mukhali, Senin (4/10/2019).


Mukhali mengatakan, proses pemeriksaan kelengkapan kendaraan dan pembinaan terhadap pelajar tersebut merupakan rangkaian Operasi Zebra Lodaya 2019. Sebab, dalam operasi tersebut petugas diwajibkan untuk membina masyarakat agar tertib berlalu lintas.

"80 persen operasi zebra itu penindakan, 10 persen melakukan preventif dan 10 persen lainnya preemtif. Ini kepedulian kita kepada pelajar," katanya.

Menurut Mukhali, tak sedikit pelajar yang terjaring razia lantaran melanggar lalu lintas. "Ya banyak pelajar yang melanggar, banyak yang tidak menggunakan helm," katanya.


Lebih lanjut, Mukhali menjelaskan, kepolisian tak memiliki kewenangan untuk melarang pelajar menggunakan kendaraan. Namun, setidaknya petugas bisa membina pelajar agar tertib berkendara.

Ia menegaskan, tak sega memberikan sanksi terhadap pelajar yang terjaring razia. "Di sini (sekolah) kita mengedukasi. Tapi, kalau terjaring razia kita tetap akan tindak. Kita tidak memberikan kelonggaran hukum," katanya.

Polisi Cirebon 'Razia' Kendaraan Pelajar di Depan Gerbang SekolahFoto: Sudirman Wamad

Sementara itu salah seorang siswa Jazilah membawa dan memakai kelengkapan berkendara. Namun, Jazilah mengaku tak memiliki SIM lantaran belum cukup umur. Ia juga mengaku senang dengan adanya pemeriksaan. Karena memberikan edukasi agar tetap tertib saat berkendara.

"STNK ada, SIM enggak ada. Ya baguslah buat edukasi," katanya.


Simak juga video "Belajar Membatik Sambil Berwisata di Museum Trupark"

[Gambas:Video 20detik]

(tro/tro)