detikNews
Sabtu 02 November 2019, 13:25 WIB

BPBD: 4 Kecamatan di Bandung Barat Rawan Banjir Bandang

Yudha Maulana - detikNews
BPBD: 4 Kecamatan di Bandung Barat Rawan Banjir Bandang Foto: Ilustrasi banjir bandang (Andhika-detikcom)
Bandung Barat - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat (KBB) menyebut ada empat kecamatan yang rawan terjadi banjir bandang di musim penghujan tahun ini.

Empat kecamatan itu yakni, Lembang, Cisarua, Cipongkor dan Cisarua. "Kalau musim di KBB biasanya ada banjir bandang di sejumlah wilayah, tapi hanya sesaat ketika turun hujan besar saja," ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD KBB, Dicky Maulana, Sabtu (2/11/2019).

Menurut Dicky, terjadinya banjir bandang tersebut karena banyak saluran air atau drainase yang tersumbat sampah, ditambah ada longsoran kecil yang menyebabkan adanya air bercampur lumpur.

Atas hal tersebut, lanjut Dicky, biasanya air meluap ke bahu jalan karena tidak tertampung pada drainase di sejumlah wilayah itu, sehingga pihak akan berkoordinasi dengan pihak terkait.

"Untuk penanganannya kami turun ke lapangan untuk mencari penyebab banjir, lalu berkoordinasi dengan DLH untuk sampah dan PUPR untuk masalah drainase," kata Dicky.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga kerap melakukan evakuasi warga ketika terjadi banjir bandang tersebut. Hal itu perlu dilakukan agar tidak ada korban jiwa mapaun luka-luka.

"Pada tahun lalu terjadi banjir bandang di depan SPN (Cisarua), selain melakukan penanganan banjirnya, kami juga disana melakukan evakuasi warga," ucapnya.

Ia mengatakan, drainase yang biasa menyebabkan banjir tidak semuanya kewenangan Pemkab Bandung Barat, tetapi ada drainase yang kewenangan Pemprov Jabar, sehingga pihaknya juga akan berkoordinasi dengan pihak Pemrov Jabar.

"Kita akan lakukan upaya koordinasi juga ke pemprov, agar meminimalisir kerugian yang mungkin terjadi," katanya.
(mud/mud)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com