detikNews
Kamis 31 Oktober 2019, 10:05 WIB

Gempa Pangandaran Terasa hingga Tasikmalaya, Belum Ada Laporan Kerusakan

Dadang Hermansyah - detikNews
Gempa Pangandaran Terasa hingga Tasikmalaya, Belum Ada Laporan Kerusakan Foto: Ilustrasi/AFP
Ciamis - Gempa bermagnitudo (M) 4,8 terjadi di Pangandaran, Jawa Barat. Tak ada potensi tsunami akibat gempa ini. Dilihat dari situs BMKG, gempa terjadi pukul 08.56 WIB, Kamis (31/10/2019).

Pusat gempa berada di laut pada kedalaman 25 Km. Gempa terjadi pada koordinat 8,23 LS-108,25 BT.

Selain di Pangandaran, gempa juga dirasakan di Kabupaten Ciamis, Tasikmalaya hingga Cilacap, Jawa Tengah. BPBD Pangandaran menyatakan belum ada laporan kerusakan akibat gempa tersebut. Bahkan gempa terasa lebih kecil di Pangandaran dibanding dengan di luar daerah seperti Ciamis dan Cilacap.

"Sementara ini aman, kekuatannya 4,8. Tidak ada kerusakan bangunan. Bahkan di Pangandaran ini getarannya kecil dan sebentar dibanding di luar daerah seperti Tasikmalaya dan Cilacap," ujar Kepala Pelaksana BPBD Pangandaran Nana Ruhena saat dihubungi detikcom, Kamis (31/10/2019).

Gempa di Pangandaran juga terasa di Ciamis, salahsatunya Iin Maryani (25) warga Imbanagara Raya, mengaku kaget saat sedang menyusui bayinya, terasa ada getaran gempa yang cukup besar terasa. Ia langsung mencoba keluar rumah dengan memangku bayinya, tapi belum sempat keluar gempa sudah berhenti.

"Kaget, pas lagi mau menyusui anak saya tiba-tiba ada gempa. Saya mau keluar rumah tapi sudah berhenti. Gempanya sebentar tapi terasa begitu kuat," ujar Iin.

Ratna Warga Ciamis lainnya, mengaku kaget tiba-tiba terasa ada gempa yang cukup besar saat ia sedang mengajar di sekolah MI di Karanggedang Ciamis.

"Ia ada gempa, getarannya cukup terasa pas ngajar tadi langsung keluar. Kalau para siswa ada yang ngerasa ada yang nggak, tapi karena sebentar mereka belum sempat keluar kelas," katanya.




Tonton video Jokowi Janji Hunian Tetap di Palu Selesai Pertengahan 2020:

[Gambas:Video 20detik]


(ern/ern)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com