detikNews
Senin 28 Oktober 2019, 21:34 WIB

Truk Obesitas Melintas Tol Purbaleunyi Dipasang Stiker Peringatan

Yudha Maulana - detikNews
Truk Obesitas Melintas Tol Purbaleunyi Dipasang Stiker Peringatan Pihak Jasa Marga memasang stiker peringatan ke truk obesitas yang melintas Tol Purbaleunyi. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Bandung Barat - Sejumlah kendaraan truk obesitas dipasang stiker peringatan dalam operasi penertiban yang digelar Jasa Marga di Tol Purbaleunyi KM 120, Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, Senin (28/10/2019) malam.

Pantauan detikcom, truk-truk yang melintas ditepikan petugas. Pengendara diminta petugas untuk menunjukkan kelengkapan surat kendaraan berikut muatan yang mereka bawa. Setelah itu, tiap sumbu truk dihitung oleh alat ukur untuk menghitung berat truk secara total.


Kendaraan yang kelebihan muatan dan panjang yang melebihi dimensi atau over dimension and over load (ODOL) akan diberi striker peringatan oleh petugas.

"Biasanya penertiban ODOL ini dilaksanakan siang hari, tapi sekarang kami lakukan malam untuk menangkap tren ODOL ketika malam," kata GM Tol Purbaleunyi, Pratomo Bimawan Putra, saat operasi penertiban.

Kendaraan yang diberi stiker khusus, akan ditindak sesuai dengan prosedur. Mulai dari peringatan hingga penindakan. "Kami juga mendukung Operasi Zebra Lodaya oleh kepolisian, harapannya pengusaha dan pengendara ada efek jera," ucapnya.


Pratomo menegaskan kelebihan muatan menjadi faktor pembunuh kedua terbanyak dalam kecelakaan yang menelan korban jiwa per September 2019. Persentasenya mencapai 13 persen, menyusul faktor human error yang berada di angka 80 persen.

"Saat ini kami juga mendorong agar regulasi ini bisa lebih jauh dan menyentuh pengusaha. Jasa Marga, regulator dan kepolisian tengah memperbaiki regulasi, kita akan terus dorong perbaikannya," tuturnya.

"Kami berharap dari penertiban yang dilakukan bisa mengurangi persentase jumlah kecelakaan," ujar Pratomo melanjutkan.
(bbn/bbn)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com