detikNews
Minggu 27 Oktober 2019, 13:22 WIB

DPRD Dorong Pemkot Bandung Bentuk BPBD

Mochamad Solehudin - detikNews
DPRD Dorong Pemkot Bandung Bentuk BPBD Ilustrasi tim SAR (Foto: dok. Basarnas)
Bandung - DPRD Kota Bandung mendorong Pemkot untuk membentuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Selama ini penanggulangan bencana dibebankan ke Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung.

"Di Kota Bandung sendiri BPBD belum terbentuk, penanggulangan bencana masih ditangani Diskar PB yang merupakan bidang di dalam OPD. Sehingga Pemkot sudah tertinggal dibanding kota/kabupaten di sekitarnya yang sudah lebih dulu membentuk BPBD," kata Anggota DPRD Kota Bandung dari Fraksi NasDem Rendiana Awangga, melalui pesan singkat (27/10/2019).

Padahal, menurutnya, Kota Bandung termasuk daerah dengan potensi bencana cukup tinggi. Bahkan dalam dokumen kebijakan dan strategi penanggulangan bencana yang dikeluarkan BNPB disebutkan, Kota Bandung memiliki indeks resiko bencana sebesar 154 yang termasuk dalam kategori tinggi.

Awang meminta, ada pembenahan sistem penanggulangan bencana di Kota Bandung. Mulai dari regulasi, lembaga hingga postur anggaran dalam penanggulangan bencana.

"Karena perlu diingat bahwa penanggulangan bencana di dalam undang-undang merupakan pelayanan dasar yang wajib disediakan oleh pemerintah daerah. Sehingga bentuk teknis dan anggarannya wajib disiapkan pemerintah daerah," ucapnya.

Dia berharap masalah ini menjadi perhatian serius dari Pemkot Bandung. Upaya mitigasi bencana perlu dilakukan secara maksimal agar bencana yang terjadi tidak menimbulkan banyak kerugian dan korban jiwa.

"Apabila pemerintah daerah nyaah ka warganya (sayang ke warganya), pemerintah harus melakukan tindakan preventif terkait potensi bencana. Salah satunya dalam bentuk mitigasi bencana," ujar. Rendiana
(mso/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com