Tak Kunjung Diperbaiki, Atap Kelas SDN 2 Cijolang Garut Ambruk

Hakim Ghani - detikNews
Kamis, 24 Okt 2019 14:04 WIB
Atap kelas ambruk akibat bangunan sudah lapuk. (Foto: Hakim Ghani/detikcom)
Garut - Atap dua kelas di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Cijolang Garut ambruk gegara sudah lapuk. Tidak ada pelajar dan guru yang menjadi korban karena kegiatan belajar mengajar telah selesai saat kejadian tersebut.

Kepala Sekolah SDN 2 Cibalong Agus Mulyana menjelaskan atap ruangan sekolah yang terletak di Kecamatan Limbangan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, itu ambruk pada Rabu (23/10) siang, sekitar pukul 14.00 WIB.

"Memang benar ambruk. Tapi ini ambruk karena sudah lapuk," ujar Agus di kantornya, Kamis (24/10/2019).

Atap yang roboh yakni di kelas dua dan tiga. Selain itu, ruangan kelas satu yang terletak berdampingan dengan kelas dua juga ikut terdampak.

"Alhamdulillah tidak ada yang terluka karena kejadiannya setelah proses belajar mengajar selesai," katanya.

Lapuknya bangunan sekolah ini disebut sudah dilaporkan ke Dinas Pendidikan Kabupaten Garut oleh anggota dewan yang mengecek lokasi pada Selasa (22/10). Sehari setelahnya, atap kelas itu runtuh.

Agus mengatakan pihaknya sudah mengajukan perbaikan ruang kelas sejak 2017. Namun, hingga saat ini, hal tersebut belum terealisasi.

"Proposalnya sudah diajukan 2017. Tapi sampai sekarang belum (diperbaiki)," kata Agus.

Akibat ambruknya atap sekolah ini, kegiatan belajar mengajar untuk kelas dua dan tiga sementara dipindahkan dengan menumpang bangunan madrasah yang terletak di sekitar sekolah.

"Untuk sementara kegiatan belajar mengajar dipindah dulu ke madrasah," ujar Agus. (bbn/bbn)