detikNews
Kamis 24 Oktober 2019, 11:58 WIB

Baterai Smartphone Meledak, Siswi MAN Ciamis Terluka di Mata

Dadang Hermansyah - detikNews
Baterai Smartphone Meledak, Siswi MAN Ciamis Terluka di Mata Siswi MAN 4 Ciamis terluka di mata akibat baterai smartphone meledak. (Foto: Istimewa)
Ciamis - Baterai smartphone merek Evercross milik Ana Rosna siswi kelas XII MAN 4 Ciamis, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, tiba-tiba meledak saat disimpan di atas meja. Percikan ledakan itu terkena mata, hingga Ana harus dilarikan ke klinik untuk diobati.

Kejadian itu berawal saat jam belajar pelajaran Bahasa Inggris Kamis (24/10/2019) pukul 9.00 WIB. Smartphone milik Ana disimpan di atas meja dengan posisi telungkup. Beberapa saat setelah disimpan, tiba-tiba meledak. Ledakan itu membuat panik seluruh siswa di dalam kelas.


Ana terlihat kesakitan sambil menutupi wajahnya. Saat kejadian smartphone tidak sedang digunakan, tidak juga sedang dicharge atau isi daya.

Baterai Smartphone Meledak, Siswi MAN Ciamis Terluka di MataFoto: Istimewa
Ledakannya cukup keras. Setelah kejadian pihak sekolah dibantu teman-temannya membawa Ana ke klinik untuk diobati karena khawatir terjadi sesuatu terhadapnya.

"Setelah diperiksa ternyata percikan ledakan terkena matanya, beruntung tidak berat. Setelah dibersihkan korban masih bisa melihat," ujar Tenaga Administrasi MAN 4 Ciamis Solihin alias Olih saat dihubungi detikcom.

Setelah diobati, siswi tersebut langsung dibawa lagi ke sekolah. Namun karena mengeluh pusing akibat ledakan itu akhirnya Ana diantar pulang oleh pihak sekolah untuk istirahat.

Baterai Smartphone Meledak, Siswi MAN Ciamis Terluka di MataFoto: Istimewa
Olih dan yang lainnya tak mengetahui penyebab smartphone tersebut meledak. Secara kasat mata hanya bagian baterai yang mengalami kerusakan karena meledak hingga terlihat gosong. Sementara fisiknya smartphone masih utuh.

"Mereknya itu dilihat dari baterainya Evercross, untuk tipenya kurang jelas. Yang meledak hanya baterainya saja. Karena posisinya telungkup jadi pas meledak bagian tutup belakang langsung terbuka. Kalau hp-nya masih utuh," ucap Olih.
(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com