detikNews
Rabu 23 Oktober 2019, 13:57 WIB

Pertamina Sterilisasi Area Tumpahan BBM di Cimahi

Yudha Maulana - detikNews
Pertamina Sterilisasi Area Tumpahan BBM di Cimahi Petugas Pertamina membersihkan sisa tumpahan bahan bakar minyak (BBM). (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Cimahi - Pertamina terus melakukan sterilisasi lahan yang terkontaminasi tumpahan minyak di Kampung Mancong, RT 2 RW 1, Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Rabu (23/10/2019).

Sebelumnya, pipa milik Pertamina bocor disusul kebakaran hebat pada Selasa (22/10). Kebocoran pipa itu diduga akibat terkena hantaman mata bor raksasa milik PT. CREC, Subkontraktor PT. KCIC, pelaksana proyek trase Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB).


Pantauan detikcom, sejumlah petugas Pertamina masih membersihkan sisa tumpahan bahan bakar minyak (BBM). Pengangkatan BBM dilakukan menggunakan mobil tangki yang memiliki fasilitas pompa atau vacuum truk, serta melokalisir sisa BBM dari parit dengan tanggul.

"Kami telah menurunkan lebih dari 90 personel di lokasi kejadian. Konsentrasi Pertamina saat ini adalah untuk finalisasi pembersihan BBM serta menjaga supaya aliran air maupun parit tetap aman. Di saat bersamaan, kami juga menangani pipa yang terdampak," ucap VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman melalui rilisnya, Rabu (23/10/2019).

Fajriyah menjelaskan stok BBM untuk wilayah Bandung, Tasikmalaya, Sukabumi dan sekitarnya berada dalam kondisi cukup. Pasokan untuk wilayah tersebut disuplai oleh Terminal BBM Padalarang dan TBBM Ujung Berung.

"Hari ini kami juga melakukan alih suplai dari TBBM Cikampek untuk mendukung ketersediaan BBM di sebagian area di Purwakarta," tuturnya.


Insiden kebakaran Pipa Cimahi terjadi Selasa siang kemarin. KCIC menyatakan bahwa insiden tersebut berada pada proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) untuk konstruksi elevated yang dikerjakan oleh kontraktor KCJB.

Hingga saat ini, Pertamina terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak yakni KCIC selaku pemilik proyek, Pemda setempat, aparat kepolisian, serta instansi terkait guna investigasi penyebab insiden tersebut.



Pipa Pertamina di Cimahi Terbakar Hebat, Tol Purbaleunyi Terdampak:

[Gambas:Video 20detik]




(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com