Bersarung di Hari Santri, Ridwan Kamil: 1.100 Pesantren Siap Pasarkan Produk

Reta Amaliyah - detikNews
Selasa, 22 Okt 2019 12:36 WIB
Foto: dok. Istimewa
Bandung - Upacara peringatan Hari Santri Nasional 2019 tingkat Provinsi Jawa Barat di Lapangan Gasibu, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, dipadati ribuan santri dan santriwati dari berbagai pesantren di Jawa Barat, Selasa (22/10/2019).

Peserta upacara dan aparatur sipil negara (ASN) yang hadir mengenakan pakaian ala santri dengan dominasi putih dan bawahan sarung. Dalam kesempatan ini, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil turut mengenakan sarung dan jas biru muda. Pada pidatonya, ia sempat menyinggung program yang digulirkanya, yaitu 'satu pesantren satu produk'.

Ia mengatakan saat ini sudah ada 1.100 pesantren yang sudah lolos dan tengah mempersiapkan marketing produknya. Ujungnya, kata dia, diharapkan menjadi kemandirian ekonomi.

"Jadi pesantren ada dukungan dari negara, kementerian ekonomi, dan produk khas Jawa Barat juga banyak dijadikan referensi provinsi lain," ujarnya.
Bersarung di Hari Santri, Ridwan Kamil: 1.100 Pesantren Siap Pasarkan ProdukFoto: dok. Istimewa

Disinggung soal tema Hari Santri kali ini 'Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia', Emil menjelaskan sejauh ini Provinsi Jawa Barat sudah melakukan upaya mengirimkan ulama guna membawa dakwah di Eropa dan akan diberangkatkan 5 November mendatang.

Emil melanjutkan peringatan Hari Santri Nasional 2019 terbilang istimewa seiring dengan telah diloloskannya Undang-Undang Pesantren. Menurutnya, hal tersebut menandakan negara memfasilitasi kewajiban dari program maupun anggaran yang selama ini kerap terlewat karena peraturan tentang pesantren seringkali kurang mendapat apresiasi.

"Mudah-mudahan hadirnya UU Pesantren membuat suasana Hari Santri 2019 ini jadi luar biasa. Karena UU Pesantren sudah ada, perda terkait juga akan segera diwacanakan," pungkasnya. (ern/ern)