detikNews
Selasa 22 Oktober 2019, 11:27 WIB

Kemeriahan Hari Santri di Ciamis: Pawai dan Makan Nasi Liwet

Dadang Hermansyah - detikNews
Kemeriahan Hari Santri di Ciamis: Pawai dan Makan Nasi Liwet Santri pawai jalan kaki saat memperingati Hari Santri Nasional 2019 di Ciamis. (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis - Peringatan Hari Santri Nasional 2019 di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, berlangsung meriah. Para santri pawai jalan kaki hingga makan nasi liwet di Alun-alun Ciamis.

Usai mengikuti upacara, ribuan santri melaksanakan pawai menyusuri Jalan RA Kartini, Jalan Jendral Sudirman, masuk ke halaman Pendopo yang disambut Bupati Ciamis Herdiat Sunarya.

Saat masuk Pendopo, setiap rombongan santri dari masing-masing pesantren dibekali menu nasi liwet beserta lauk pauk. Lalu mereka masuk ke kawasan Alun-alun Ciamis dan makan liwet bersama. Bupati dan pejabat Pemkab Ciamis lainnya ikut menikmati nasi liwet bersama para santri.


Herdiana, santri dari pesantren Al Huda Sadananya, mengaku senang bisa makan nasi liwet bersama rekan sesama santri dari berbagai pesantren di Ciamis. Ia berharap pada momen ini seluruh santri di Kabupaten Ciamis bersatu semakin kuat dan maju.

"Sedang makan liwet tadi habis jalan kaki pawai dalam rangka hari santri. Seru, memang ini tradisi pesantren, makan liwet bersama-sama, ngariung (berkumpul)," ucapnya.

Kemeriahan Hari Santri di Ciamis: Pawai dan Makan Nasi Liwet Makan nasi liwet bersama-sama d Alun-alun Ciamis. (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Sementara itu, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengatakan makan nasi liwet bersama dengan para santri dan para ulama di Alun-alun sebagai wujud kebersamaan.

"Makan bersama, santai bersama di momen hari santri. Ini sebagai bentuk keberpihakan kita kepada pesantren, ulama dan santrinya. Ini tradisi, kan di pesantren makan liwet sudah tradisi," tuturnya.

Pemkab Ciamis berkomitmen untuk peduli dan mengembangkan pesantren di Ciamis. Karena Ciamis adalah gudang santri, banyak pesantren besar. "Kita akan lebih fokus, peduli kepada pesantren. Insyaallah bersama-sama sejahterakan umat," ucap Herdiat.




Simak video Meriahnya Pawai Grebeg Santri 2019 di Yogyakarta:

[Gambas:Video 20detik]




(bbn/bbn)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com