detikNews
Senin 21 Oktober 2019, 18:41 WIB

Cegah Pelajar Kecanduan Gadget, Walkot Bandung Akan Bagikan Anak Ayam

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Cegah Pelajar Kecanduan Gadget, Walkot Bandung Akan Bagikan Anak Ayam Wali Kota Bandung Oded M Danial. (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)
Bandung - Sejumlah anak dilaporkan mengalami gangguan jiwa akibat kecanduan gadget. Untuk mencegah korban lanjutan, Wali Kota Bandung Oded M Danial akan memberi anak ayam kepada anak-anak di Bandung.

"Saya ke depan punya program untuk anak-anak sekolah SD dan SMP agar mereka tidak fokus ke gadget, saya akan beri mereka untuk pelihara anak ayam kampung agar anak-anak memiliki kegiatan," ucap Oded kepada wartawan di Pendopo Bandung, Senin (21/10/2019).


Menurut Oded, anak ayam bisa menjadi opsi agar anak-anak tidak kecanduan gadget. Oded akan memberi satu ekor anak ayam agar dipelihara di rumah masing-masing.

"Cuma satu ekor, bisa pakai kardus cukup, tidak butuh kandang besar. Dengan kegiatan ekstra di rumah mengurangi mereka menggunakan gadget," kata Oded.

Oded mengatakan, program tersebut akan diberlakukan pada tahun ini. Menurutnya tak perlu biaya yang besar untuk merealisasikan program tersebut sebab harga anak ayam hanya Rp 7.500 per ekor.


Oded menambahkan, pemberian anak ayam kepada anak-anak akan dicoba dilakukan kepada 20 sampai 30 anak di 30 kecamatan Kota Bandung.

"Kalau berhasil, ke depan anak-anak akan diberi satu ekor ayam. Nanti ditimbang, mana yang ayamnya besar akan dikasih sepeda biar tambah semangat. Kalau berhasil, akan ditambah mengurus polibag cabai," tuturnya.


Simak juga video "Keren! Ada Kampung Edukasi untuk Atasi Kecanduan Gadget di Surabaya" :

[Gambas:Video 20detik]


(dir/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com