detikNews
2019/10/21 13:03:26 WIB

Cerita Pegiat Sosial Lepas Wanita Cianjur yang 3 Tahun Huni Kandang

Syahdan Alamsyah - detikNews
Halaman 1 dari 2
Cerita Pegiat Sosial Lepas Wanita Cianjur yang 3 Tahun Huni Kandang Relawan menunjukkan kandang tempat wanita inisial On dikurung selama tiga tahun oleh keluarganya di Cianjur. (Foto: Dok. KSJ)
Cianjur - Seorang wanita, inisial On (39), selama tiga tahun terakhir hidup menghuni kandang kayu berukuran panjang 1,8 meter dan lebar 0,6 meter. On, warga Cidaun, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, itu dievakuasi berbarengan dengan SAS (33), pria yang dipasung menggunakan balok kayu oleh keluarganya.

"Di Cidaun kami membebaskan dua orang penderita gangguan jiwa. Selain SAS, kami juga melepaskan perempuan berinisial On yang terpaksa tinggal di bangunan kandang bambu berbentuk panggung," kata Nurhamid Karnaatmaja (56), pengelola Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Istana KSJ, Cianjur, Jawa Barat, kepada detikcom, Senin (21/10/2019).


Berbeda dengan SAS yang terlihat lebih terurus, On sengaja dikurung dalam kandang yang sempit. Keluarga menganggap On gangguan jiwa karena terkena ilmu hitam.

"Keluarga terpaksa mengurung On di dalam kandang karena perempuan itu sering kabur dari rumah. Menurut keluarga dia kena pengaruh guna-guna, ada juga yang menyebut dia kerasukan sampai akhirnya dipasung selama tiga tahun lamanya. Sebetulnya pandangan seperti itu wajar saja karena ketidaktahuan mereka dengan kondisi tersebut," tutur Nurhamid.

Setiap hari, On mendapat makan dan minum yang dikirim bergantian oleh keluarga. "Mirip memberi pakan hewan, namun bagaimanapun itu maksud dari keluarga adalah untuk mencegah On pergi dari rumah. Hanya saja cara memperlakukannya yang salah," ucapnya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com