detikNews
Minggu 20 Oktober 2019, 15:38 WIB

5 Kecamatan di Bandung Barat Rawan Longsor-Pergerakan Tanah

Yudha Maulana - detikNews
5 Kecamatan di Bandung Barat Rawan Longsor-Pergerakan Tanah Foto: Ilustrasi longsor (Andhika-detikcom)
Bandung Barat - Lima kecamatan di Kabupaten Bandung Barat (KBB) rawan bencana longsor dan pergerakan tanah yang tinggi memasuki musim penghujan tahun ini. Warga diimbau waspada.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB merilis lima kecamatan itu adalah wilayah Cililin, Sindangkerta, Cipongkor, Lembang dan Parongpong.

Sebelumnya, Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi pada Oktober ini sudah memasuki masa pancaroba, sedangkan musim hujan diprediksi terjadi pada November.

Kepala Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan, BPBD KBB, Agus Rudianto, mengatakan, kelima kecamatan tersebut memiliki potensi longsor yang tinggi, namun tak menutup kemungkinan longsor juga terjadi di 11 kecamatan lainnya.

"Karena jika melihat kondisi geografisnya (dataran tinggi) dan banyak tebing, semua wilayah KBB ini memang rawan longsor ketika musim hujan, kecuali wilayah Batujajar yang relatif landai," ujar Agus, Minggu (20/10/2019).a

Mengatasi hal itu, BPBD akan berkoordinasi dengan unsur kewilayahan lainnya untuk mengantisipasi bencana yang mungkin terjadi.

"Jadi unsur kewilayahan harus mengetahui daerah yang rawan longsor saat musim hujan, karena saat musim hujan itu ancamannya bencana longsor dan banjir," kata Agus.

"Biasanya saat musim hujan seperti itu, petugas BPBD dan unsur kewilayahan disiagakan di lokasi yang rawan bencana dengan dibuatkan posko siaga bencana," katanya melanjutkan.


Simak juga video "Longsor di Cianjur, Pasangan Suami Istri Tewas Tertimbun" :

[Gambas:Video 20detik]


(mud/mud)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com