detikNews
Sabtu 19 Oktober 2019, 20:47 WIB

Cianjur-Sukabumi Apel Gabungan Jelang Pelantikan Presiden

Syahdan Alamsyah - detikNews
Cianjur-Sukabumi Apel Gabungan Jelang Pelantikan Presiden Foto: Istimewa
Sukabumi - Personel Kepolisian dan TNI menggelar apel gabungan untuk memastikan situasi kondusif menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden besok. Apel yang berlanjut pada operasi cipta kondisi tersebut dilakukan di sejumlah titik, mulai dari wilayah hukum Polres Cianjur hingga Polres Sukabumi.

Untuk di wilayah Cianjur, aparat gabungan terbagi dalam 4 zona patroli motor dan personel Kodim 0608 Cianjur melakukan patroli dialogis dan pantauan ke sejumlah objek vital.

"Kita lakukan upaya-upaya persuasif memantau situasi wilayah, saya berkeliling bersama Dandim 0608, Letkol Inf Rendra Dwi Ardhani ke beberapa titik. Saya tekankan kepada anggota untuk mengedepankan cara-cara humanis dan mengenyampingkan arogansi," kata Kapolres Cianjur, AKBP Juang Andi kepada detikcom, Sabtu (19/10/2019).

Ada tiga titik yang menjadi fokus perhatian aparat gabungan mulai dari wilayah Puncak Cipanas, wilayah Leuwibungur Cikalongkulon perbatasan Jonggol, dan wilayah dalam kota.

"Ada 620 personel kita kerahkan, kita melakukan tindakan preventif pengamanan namun tak berlebihan, tak menimbulkan hal yang tak diinginkan, tetap melempar sapa dan senyum kepada masyarakat agar suasana tetap sejuk, aman, kondusif untuk menyambut pelantikan," lanjutnya.

Sementara itu, Polres Sukabumi melakukan penyekatan di Bojongkokosan hingga perbatasan di pintu masuk Jalan Tol Bocimi. Hasil patroli dan upaya patroli dialogis polisi memastikan seluruh elemen masyarakat di Sukabumi mendukung acara pelantikan besok.

"Kita lakukan patroli untuk memastikan dan menjaga situasi Sukabumi tetap kondusif hingga acara di Jakarta besok. Seluruh lapisan masyarakat sudah berkomitmen untuk menyambut acara besok dengan berdoa bersama agar pelaksanaan pelantikan besok berjalan dengan lancar," kata Kapolres Sukabumi AKBP Nasriadi.


(sya/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com