Kampanyekan Peduli Lingkungan, Pelukis Bandung Gelar Pameran 'Sariban'

Kampanyekan Peduli Lingkungan, Pelukis Bandung Gelar Pameran 'Sariban'

Reta Amaliyah - detikNews
Kamis, 17 Okt 2019 16:01 WIB
Foto: Reta Amaliyah Shafitri
Foto: Reta Amaliyah Shafitri
Bandung - Wajah Sariban, relawan kebersihan Kota Bandung, menghiasi dinding Gedung Yayasan Pusat Kebudayaan, Jalan Braga. Sejumlah lukisan dengan model Sariban, terpampang di antara 300 karya peserta flashmob drawing yang digelar di Car Free Day (CFD) Dago, 29 September 2019 lalu.

Pameran yang digagas Institut Drawing Bandung (IDB) ini berlangsung mulai Rabu (16/10) hingga Selasa (22/10) pekan depan.

Untuk lukisan yang dipajang di pameran, IDB sebelumnya menggelar flashmob drawing di CFD Dago akhir bulan lalu yang mengangkat tema Lingkungan sekitar. Saat itu Sariban hadir sebagai model.

"Pameran ini merupakan janji IDB kepada peserta saat kegiatan flashmob drawing. Harapannya IDB akan melahirkan seniman drawing baru yang tangguh dan regenerasi dapat terus terbangun," kata Isa kepada detikcom saat pembukaan pameran, kemarin.
Kampanyekan Peduli Lingkungan, Pelukis Bandung Gelar Pameran 'Sariban'Foto: Reta Amaliyah Shafitri

Menurutnya pameran ini juga menjadi peresmian lahirnya IDB yang beranggotakan pelukis di Bandung seperti Hawe Setiawan, Ratman DS, Teddy Wirakusumah, Yus Arwadinata, Andi Yudha Asfandiyar, Yoyo Hartanti, Rosid, dan Nurlita Ali.

Sementara itu, Sariban yang datang dan juga membuka pameran mengaku terkesan dengan lukisan wajahnya yang dilukis sejumlah peserta.

"Mudah-mudahan lukisan yang dipamerkan ada artinya. Pengunjung harus mengkaji dulu, jangan hanya melihat, tapi perlu membuktikan nyata atau tidaknya," ujarnya.

Tak hanya menampilkan lukisan bergambar Sariban, pameran ini juga menyuguhkan karya lain bertemakan lingkungan.
Kampanyekan Peduli Lingkungan, Pelukis Bandung Gelar Pameran 'Sariban'Foto: Reta Amaliyah Shafitri

Pameran ini akan berlangsung hingga 22 Oktober 2019 mendatang dengan agenda berbeda setiap harinya, seperti workshop gambar untuk anak, worksop menggambar, gambar wajah, gambar di ruangan, dan diskusi.

Khusus kegiatan workshop tiap sesinya dibatasi 50 orang dan dikenakan biaya Rp 30 ribu per orang. Pengunjung dapat menikmati 300 karya lukis secara gratis mulai pukul 08.00 - 19.00 WIB dan mengisi buku tamu di pintu masuk. (ern/ern)