detikNews
Rabu 16 Oktober 2019, 21:37 WIB

Ridwan Kamil Raih Penghargaan Pemimpin yang Menginspirasi di Asia Pasifik

Mukhlis Dinillah - detikNews
Ridwan Kamil Raih Penghargaan Pemimpin yang Menginspirasi di Asia Pasifik Foto: Istimewa
Bandung - Gubernur Jabar Ridwan Kamil (RK) meraih penghargaan personal sebagai Inspirational Leader di kawasan Asia Pasifik pada ajang GovInsider Innovation Award 2019. Ia dianggap pemimpin visioner dan inovatif dalam menjalankan pemerintahannya.

Penghargaan itu diterima RK di Markas Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) Asia Pasifik, Bangkok, Thailand, Rabu (16/10/2019). Penghargaan itu diberikan Principal Princess of the Kingdom of Eswatini Ratu Sikhanyiso dan Jonathan Wong selaku Chief of Technology and Innovation UN ESCAP, yang merupakan badan dari PBB untuk bidang Ekonomi dan Sosial di Asia Pasifik.

RK mengatakan penghargaan itu diraihnya berkat inovasi bersifat visioner khususnya tentang penggunaan digital dalam mempercepat pembangunan Jabar, yaitu program desa digital.

"Salah satu yang diapresiasi adalah konsep desa digital dan pelaksanaannya," kata Emil via telepon genggam, Rabu (16/10/2019) malam.

Menurutnya penghargaan ini akan menjadi motivasi baginya dan Pemprov Jabar untuk terus berinovasi dalam pembangunan.

"Prinsip hidup saya sederhana kalau kerja karena kebutuhan, karena kewajiban, bekerja dengan kecintaan. Kalau dapat penghargaan alhamdulillah kalau tidak juga bukan tujuan. Tapi yang membanggakan karena levelnya bukan Indonesia lagi tapi Asia Pasifik," jelas dia.

Selain penghargaan personal, Pemprov Jabar juga berhasil membawa dua dari sembilan kategori penghargaan yakni Best Adaptation untuk Program Desa Digital dan Best Team Under 35 untuk unit Jabar Digital Service.

"Jabar Digital Service sebagai tim terbaik di bawah 35 tahun yang dianggap unik karena mengajak warga milenial untuk bergabung ke dalam birokrasi melayani kebutuhan membuat aplikasi kepemerintahan," ungkap Emil.

Sementara penghargaan Best Adaptation untuk Desa Digital diberikan atas keberhasilan meningkat kualitas hidup masyarakat desa melalui penyediaan infrastruktur dan inovasi digital, termasuk di dalamnya BAKTI Kominfo, E-fishery, Habibi Garden, Docta, dan Edubox.

"Pesertanya banyak, rata-rata finalisnya lima. Jabar misalkan mengalahkan India, Singapura, Malaysia," ujar Emil.

Ajang GovInsider Summit 2019 merupakan penyelenggaraan yang keempat. GovInsider sendiri adalah sebuah portal publikasi dari tim yang melakukan peliputan di seluruh Asia Pasifik untuk mencari dan menemukan contoh pemerintah yang telah melakukan sesuatu berbeda untuk menampilkan solusi inovatif, serta berani melakukan pendekatan baru untuk berbagai tantangan dihadapi pegawai pemerintah.
(mud/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com