detikNews
Rabu 16 Oktober 2019, 15:34 WIB

Tengkorak Misterius di Indramayu Diduga Hidup pada Abad 16

Sudirman Wamad - detikNews
Tengkorak Misterius di Indramayu Diduga Hidup pada Abad 16 Tengkorak misterius yang ditemukan di Indramayu. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Indramayu - Balai Arkeologi (Balar) Jawa Barat meneliti tengkorak manusia misterius yang ditemukan di bekas bangunan warnet Jalan Wiralodra, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Tengkorak manusia itu berhasil diangkat. Saat ditemukan, posisi tengkorak menghadap ke arah barat. Sedangkan orientasi letak kerangkanya membujur ke utara-selatan. "Kalau melihat posisinya, umumnya ini saat masa Islam. Tapi kami belum bisa memastikan secara pasti," kata Kepala Balar Jabar Deni Sutrina usai meninjau lokasi temuan tengkorak, Rabu (16/10/2019).


Usai pengangkatan, tim Balar langsung mengidentifikasi bagian tengkorak seperti rahang dan gigi. "Nanti kita akan bawa ke Bandung, untuk kemudian kita analisis lanjutan berkoordinasi dengan pakar-pakar lainnya," kata Deni.

Di tempat yang sama, Peneliti Utama Balar Jabar Lutfi Yondri mengatakan, dari hasil identifikasi sementara tengkorak tersebut berusia dewasa. "Kalau lihat rahangnya kan bentuknya V, ini perempuan. Rasnya mongoloid, ya masyarakat Asia pada umumnya," kata Lutfi.

Tengkorak Misterius di Indramayu Diduga Hidup pada Abad 16Foto: Sudirman Wamad
Lutfi mengatakan dari hasil beberapa keterangan menyebutkan lokasi penemuan tengkorak berada di kawasan Bandar Sungai Cimanuk. Sedangkan, tengkorak tersebut ditemukan pada kedalaman 2,8 meter.

"Lokasinya cukup dalam. Bisa jadi tengkorak ini ada sebelum bandar, sekitar abad 16. Ini gambaran sementaranya. Nanti kita akan melakukan penelitian lebih lanjut berkolaborasi dengan pakar-pakar lain," kata Lutfi.

Seperti diberitakan sebelumnya, tengkorak misterius itu tak sengaja ditemukan oleh salah seorang pekerja saat menggali tanah di lokasi yang berada di Jalan Wiralodra, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu. Rencananya lokasi bekas warnet itu dibangun menjadi tempat pencucian kendaraan bermotor.


Tengkorak misterius itu ditemukan pada kedalaman 2,8 meter. Bentuknya tak terlalu besar, serupa tengkorak manusia pada umumnya. Warnanya kecokelatan lantaran sudah bercampur dengan lumpur. Saat ditemukan, posisi tengkorak menghadap ke barat.

Selain tengkorak misterius itu, benda lainnya juga ditemukan seperti sepotong kayu dan besi. Saat ini, pengerjaan proyek di lokasi bekas warnet itu pun dihentikan. Petugas akan meneliti penemuan tersebut.
(tro/tro)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com