Aktivitas Vulkanik Menurun, Status Gunung Tangkuban Perahu Dievaluasi

Mochamad Solehudin - detikNews
Selasa, 15 Okt 2019 15:26 WIB
Kepala PVMBG Kasbani (Mochamad Solehudin/detikcom)
Bandung - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) akan mengevaluasi status Gunung Tangkuban Perahu, Jawa Barat. Evaluasi dilakukan seiring dengan menurunnya aktivitas vulkanik di gunung tersebut.

Kepala PVMBG Kasbani menuturkan status Gunung Tangkuban Perahu saat ini masih berada di level II (waspada) dengan radius aman 1,5 km dari pusat kawah. Saat ini, kata dia, aktivitas vulkanik di gunung yang terkenal dengan legenda Sangkuriang itu sudah mulai menurun.

Berdasarkan data yang ada, baik secara visual maupun data seismograf hingga lainnya, ada penurunan aktivitas. "Tren aktivitasnya dari visual maupun instrumen embusan asap sebelumnya tinggi ada abunya. Sekarang mungkin di bawah bibir kaldera. Data deformasi juga turun," katanya di kantor PVMBG, Kota Bandung, Selasa (15/10/2019).



Dia menyatakan akan mengevaluasi status Gunung Tangkuban Perahu. Pihaknya akan menurunkan status dari level II (waspada) ke level I (siaga) bila kondisi aktivitas vulkanik Gunung Tangkuban Perahu terus menunjukkan penurunan.

"Kami harap ini stabil menurun. Terus mungkin kalau demikian kami bisa turunkan statusnya. Ini masih dalam evaluasi kami," ucapnya.

Pihaknya mengaku akan terus memantau kondisi Gunung Tangkuban Perahu. Dia juga mengimbau semua pihak untuk tetap mematuhi jarak aman dan mengikuti semua arahan yang diberikan.

"Setelah kami evaluasi, stabil tentu akan mengurangi radius (jarak aman)," ujarnya.




Simak video PVMBG: Status Gunung Tangkuban Perahu Masih Tinggi:

[Gambas:Video 20detik]



(mso/ern)