detikNews
Sabtu 12 Oktober 2019, 18:49 WIB

Sempat Ditutup, Wisata Kawah Putih Bandung Kembali Dibuka Besok

Wisma Putra - detikNews
Sempat Ditutup, Wisata Kawah Putih Bandung Kembali Dibuka Besok Kebakaran di Kawah Putih telah berhasil dipadamkan. (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Bandung - Pasca kebakaran hutan dan lahan di obyek wisata Kawah Putih, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Baandung, Jawa Barat, kini sudah dibuka kembali dan dinyatakan aman untuk pengunjung.

Kesimpulan itu diungkapkan Perhutani dalam rapat koordinasi yang digelar bersama Polres Bandung, Kodim 0609/Kabupaten Bandung dan BPBD Kabupaten Bandung di Lanud Sulaiman, Sabtu (12/10/2019).

"Kawah Putih sudah padam dan dibuka kembali besok 13 Oktober 2019," kata ADM Perhutani KPH Bandung Selatan Tedy Sumarto via pesan singkat.


Tedy berujar, kebakaran yang terjadi di Kawah Putih sudah dinyatakan padam setelah dilakukan pemadaman menggunakan helikopter bom air milik BNPB.

"Padam setelah dipadamkan helikopter water bombing dan dipastikan kembali dengan dilakukan penyisiran oleh tim gabungan," ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Bandung AKBP Indra Hermawan mengatakan, Kawah Putih sudah bisa dibuka kembali dan dinyatakan aman.

"BPBD sudah menyatakan aman, obyek wisata Kawah Putih bisa dibuka kembali," kata Indra via sambungan telepon.


Meski sudah dinyatakan aman, Indra berujar pengunjung yang datang ke tidak boleh melebihi batas yang dipasang petugas.

"Ada kawasan yang tidak boleh dikunjungi, Kawasan Sinan Ibu dan Sunan Rama," ujarnya.

Indra mengimbau kepada para pengunjung bisa mematuhi imbauan yang dibuat oleh petugas. "Ikuti imbauan dan peraturan petugas. Terutama jangan merokok," ujarnya.




Tonton video Kawasan Kawah Putih Terbakar, Pedagang dan Sopir 'Teriak':

[Gambas:Video 20detik]




(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com