detikNews
Jumat 11 Oktober 2019, 13:04 WIB

Wiranto Ditusuk, Polda Jabar Evaluasi Pengamanan Pejabat

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Wiranto Ditusuk, Polda Jabar Evaluasi Pengamanan Pejabat Menko Polhukam Wiranto ditusuk seorang pria di Pandeglang, Banten. (Foto: Dok. Polsek Pandeglang)
Bandung - Polda Jawa Barat mengevaluasi proses pengamanan pejabat negara yang datang ke Jawa Barat. Proses pengamanan pejabat negara ke depannya akan dimaksimalkan menyusul insiden penusukan terhadap Menko Polhukam Wiranto.

"Pengamanan terhadap pejabat semuanya dalam hal ini masuk kategori ada SOP (standar operasional prosedur). Bahwasannya ada pengamanan VVIP yaitu RI 1 dan RI 2, lalu ada kategori VIP. Untuk ketentuan, tentunya kita mengevaluasi kejadian di Banten, maka dalam hal ini kita mengacu kepada SOP," ucap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Jumat (11/10/2019).


Truno menjelaskan berdasarkan SOP yang ada, langkah awal pengamanan terhadap pejabat negara dilakukan dengan berkoordinasi berkaitan agenda kunjungan. Polisi di wilayah, sambung dia, berkoordinasi dengan pengamanan internal pejabat negara tersebut.

"Kemudian tentunya dalam hal individu dari pejabat negara yang ada, kita akan koordinasi dengan pengamanan internalnya, termasuk sampaikan sistem pengamanan yang kita lakukan. Dari dasar itulah kita melakukan penyusunan rencana pengamanan kepada VIP," tuturnya.

Deteksi dini terhadap kelompok teror pun dilakukan rutin. Operasi intelijen terus digiatkan tim Densus dan Polda Jawa Barat.

"Sudah kita lakukan terus. Termasuk penggeledahan di Jawa Barat itu kan memang berdasarkan dari deteksi dini yang ada. Namun demikian kita juga mengevaluasi dengan kejadian yang ada pejabat negara terkait Menko Polhukam di Pandeglang. Namun jauh sebelumnya sudah kita deteksi," ujar Truno.



Simak Video "Berkaca Kasus Penusukan Wiranto, Jokowi Tingkatkan Kewaspadaan"

[Gambas:Video 20detik]


(dir/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com