Jijik, Sungai Cipamokolan Bau dan Tertutup Sampah

Jijik, Sungai Cipamokolan Bau dan Tertutup Sampah

Mochamad Solehudin - detikNews
Jumat, 11 Okt 2019 11:54 WIB
Foto: Mochamad Solehudin
Foto: Mochamad Solehudin
Bandung - Kondisi air Sungai Cipamokolan, di Jalan Babakan Wardana, Kelurahan Cipamokolan, Kecamatan Rancasari, Kota Bandung, begitu menghawatirkan. Airnya berwarna hitam pekat dan mengeluarkan bau busuk.

Pantauan detikcom, Jumat (11/10/2019) sekitar pukul 10.30 WIB, terlihat sejumlah petugas dari Dinas Pekerjaan Umum bersama TNI tengah mengeruk sampah yang menutupi badan sungai. Mereka tanpa ragu mengambil sampah yang mengeluarkan bau tidak sedap.

Berdasarkan penuturan warga, sampah yang menumpuk di Sungai Cipamokolan sudah jauh berkurang. Pada Rabu (9/10/2019) lalu sampah hampir menutupi sebagian besar badan Sungai Cipamokolan.
Jijik, Sungai Cipamokolan Bau dan Tertutup SampahFoto: Mochamad Solehudin

Deden (45) menuturkan, sampah di Sungai Cipamokolan merupakan kiriman dari daerah lain. Apalagi, pada Selasa (8/10/2019) sempat terjadi hujan di Kota Bandung dan membawa sampah dan tertahan di Sungai Cipamokolan.

"Kalau ada kiriman (hujan) dari Ujungberung dan sekitarnya sampah menumpuk di sini,"katanya, saat ditemui di sekitar Sungai Cipamokolan, Kota Bandung, Jumat (11/10/2019).

Deden mengaku sedikit heran dengan tumpukan sampah yang kini mengotori Sungai Cipamokolan. Pasalnya, kata dia, saat musim kemarau tahun lalu tidak banyak sampah yang menumpuk di Sungai Cipamokolan.

"Kalau tahun lalu enggak terlalu banyak sampahnya," ucapnya.

Disinggung mengenai kondisi air yang hitam pekat dan berbau, dia mengaku tidak terlalu tahu. Tapi yang jelas sudah sejak lama kondisi air Sungai Cipamokolan memang sudah dikotori oleh berbagai jenis limbah.

Sementara itu, salah seorang petugas kebersihan Ahmad Soleh menuturkan, sudah tiga hari ini dia bersama TNI bergotong royong membersihkan Sungai Cipamokolan. Dia memperkirakan sejak Rabu (9/10/2019) sudah ada lima truk sampah yang diangkut.

"Dari hari Rabu (sudah mulai pembersihan). Mungkin ada total 5 truk sampah yang telah diangkut," katanya.
Jijik, Sungai Cipamokolan Bau dan Tertutup SampahFoto: Mochamad Solehudin

Dia juga menyatakan, sampah ini yang mengotori Sungai Cipamokolan bukan berasal dari warga sekitar saja. Tapi sampah ini merupakan kiriman dari wilayah lain.

"Sampah ini datangnya dari hulu, Sungai Cipamokolan kena dampak. Kalau ada hujan besar sih enggak kayak gini. Sampah langsung tersapu," ujarnya.




Tonton video Sampah Menumpuk di Sungai Grindulu Pacitan:

[Gambas:Video 20detik]



(mso/ern)