detikNews
Kamis 10 Oktober 2019, 17:07 WIB

Masuk Musim Hujan, Pemkot Bandung Cek Tanggul Antisipasi Jebol

Mochamad Solehudin - detikNews
Masuk Musim Hujan, Pemkot Bandung Cek Tanggul Antisipasi Jebol Tanggul jebol membuat sekolah di Ujungberung rusak. (Tri Ispranoto/detikcom)
Bandung - Wali Kota Bandung Oded M Danial memerintahkan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung memantau kondisi tanggul di sejumlah sungai. Ia tak mau ada tanggul rusak, terutama saat menghadapi musim hujan.

Oded tidak ingin, saat musim hujan tiba, kembali terjadi bencana banjir akibat tanggul jebol. Seperti banjir bandang yang menerjang SD Aji Tunggal, di Jalan Sukup Baru, Kelurahan Pasirendah, Kecamatan Ujungberung, akibat jebolnya tanggul Sungai Cicalobak beberapa waktu lalu.


Menurutnya, hal itu harus menjadi perhatian oleh dinas terkait. Berbagai langkah antisipasi perlu dilakukan agar air hujan turun tidak menjadi bencana yang menyebabkan banyak kerugian.

"Karena prinsipnya saat hujan kan harusnya berkah, tapi kenapa jadi musibah, karena terjadi tanggul jebol. Saya sudah minta Pak Didi (Kepala DPU), selain bebersih, juga dilakukan pengawasan tanggul-tanggul potensi jebol," kata Oded di Hotel Ibis, Jalan Braga, Kota Bandung, Kamis (10/10/2019).

Untuk menghadapi musim hujan, kata Oded, pihaknya telah melakukan berbagai langkah untuk mengantisipasi terjadinya banjir. Salah satu yang dilakukan adalah menggencarkan pembersihan sungai dan saluran air.

"Saya kemarin baru mulai Mapag Hujan dengan cara bersihkan gorong-gorong dan lain-lain. Ini imbauan saya harap betul-betul menjadi sikap kita warga Bandung untuk antisipasi hujan datang," ucapnya.


Untuk upaya penanganan banjir ke depan, pihaknya juga akan mendorong diadakannya pertemuan dan koordinasi dengan pemerintah daerah di wilayah Bandung Raya. Karena sejauh ini koordinasi yang terjalin belum maksimal.

"Sebetulnya koordinasi sudah dilakukan, tapi saya harus akui belum maksimal. Perlu ditingkatkan dan dinas terkait harus sering (koordinasi) supaya lebih kuat," ujarnya.
(mso/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com