detikNews
Kamis 10 Oktober 2019, 16:57 WIB

Pedagang Desak PVMBG Turunkan Status Gunung Tangkuban Perahu

Yudha Maulana - detikNews
Pedagang Desak PVMBG Turunkan Status Gunung Tangkuban Perahu Foto: Irpan Rispandi/d'Traveler
Bandung Barat - Pedagang dan penjaja jasa di Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Tangkuban Perahu mendesak agar Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menurunkan status Gunung Tangkuban Perahu.

Desakan ini dituangkan dalam bentuk surat edaran yang ditujukan kepada Kepala PVMBG. Saat ini status gunung tersebut dalam level II atau waspada pasca erupsi yang terjadi pada Juli 2019 lalu.

"Ya saat ini pedagang sudah dua bulan lebih tidak mendapatkan penghasilan, mau berdagang di tempat lain juga enggak bisa," kata Ishak Jery, perwakilan pedagang, Kamis (10/10/2019).

Ishak mengatakan, telah menitipkan surat tersebut ke PT GRPP selaku pengelola untuk diteruskan ke PVMBG. "Kalau dari pantauan kami sekarang aktivitas gunung menurun, tapi tidak tahu juga," ucapnya.

Saat ini, sebagian pedagang berjualan di pintu gerbang masuk ke TWA. "Sekarang juga kunjungan turis mulai berkurang, paling hanya satu atau dua orang saja, pendapatan juga enggak banyak," katanya.

Kepala Bidang Mitigasi dan Bencana Geologi pada PVMBG, Hendra Gunawan mengatakan, saat ini pihaknya telah menerima surat dari perwakilan pedagang tersebut.

"Kami minta (pedagang) bersabar dahulu, saat ini Gunung Tangkuban Perahu masih dalam pantauan," kata Hendra saat dihubungi.




Tonton juga video PVMBG: Status Gunung Tangkuban Perahu Masih Tinggi:

[Gambas:Video 20detik]




(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com