detikNews
2019/10/10 15:01:37 WIB

Melihat Antusiasme Bocah Indramayu Menikmati Perpustakaan Kereta

Sudirman Wamad - detikNews
Halaman 1 dari 2
Melihat Antusiasme Bocah Indramayu Menikmati Perpustakaan Kereta Sejumlah siswa dari lima sekolah dasar yang ada di Haurgeulis Indramayu ini diajak menikmati fasilitas Rail Library. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Indramayu - Arjuna, siswa kelas III SDN Haurgeulis, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, berlari menuju salah satu monitor yang berada di Rail Library atau Perpustakaan Kereta. Ia bersama puluhan siswa lainnya mendapatkan kesempatan untuk mengikuti penyuluhan kesehatan gigi dan mendapatkan bantuan kacamata baca gratis.

Usai penyuluhan, puluhan bocah dari lima sekolah dasar yang ada di Haurgeulis itu diajak menikmati fasilitas Rail Library. Enam monitor layar sentuh atau e-library, yang berisi e-book dan video, langsung diburu siswa. Sebagian siswa lainnya memilih membaca buku yang disediakan, sembari mengantre membaca atau menonton video melalui e-library.

Arjuna antusias memilih tema bacaan dan video. Ia tak menyangka ada gerbong kereta yang disulap menjadi perpustakaan. "Pertama kali membaca buku di kereta. Ya kalau naik kereta sih pernah. Senang, bisa nonton video dan baca di layar kaya handphone," kata Arjuna saat berbincang dengan detikcom di Stasiun Haurgeulis, Kabupaten Indramayu, Kamis (10/10/2019).

Ia menonton dan membaca e-book tentang perkeretaapian. "Enakan baca di sini, gede layarnya. Kalau di rumah juga sering mainan handphone. Tapi bukan buat membaca," ucap Arjuna.

Senada disampaikan Indra, siswa kelas IV SDN 1 Haurgeulis. Indra antusias menonton video musik anak-anak. Setelah menonton video, Indra menyempatkan diri membaca cerita pendek soal legenda rakyat.

"Senang banget. Banyak video sama buku ceritanya," ujar Indra.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com