detikNews
Kamis 10 Oktober 2019, 12:19 WIB

Rumah Pengusaha Mebel di Ciamis Kebakaran, Uang Tunai Rp 75 Juta Hangus

Dadang Hermansyah - detikNews
Rumah Pengusaha Mebel di Ciamis Kebakaran, Uang Tunai Rp 75 Juta Hangus Foto: Dadang Hermansyah/detikcom
Ciamis - Rumah mewah milik pengusaha mebel Endin Zakaria (51) di Desa Kertaharja, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, terbakar, Kamis (10/10/2019) dini hari. Penyebab kebakaran diduga korsleting listrik.

Akibat kebakaran itu, uang Rp 75 juta dan perhiasan emas hangus terbakar. Selain itu, tiga unit sepeda motor dan satu sepeda gowes juga terbakar.

Kasi Pengendalian dan Penanganan Kebakaran UPTD Damkar Kabupaten Ciamis Junjun Ahmad Junaedi membenarkan peristiwa tersebut. Setelah mendapat laporan, anggota Damkar langsung ke lokasi untuk memadamkan api.

Dengan menggunakan dua unit pemadam kebakaran, sekitar setengah jam api bisa dipadamkan. Namun api sebagian besar telah melahap isi rumah tersebut.

"Dugaan sementara api berasal dari sambungan listrik yang korsleting, lalu membakar bagian rumah. Saat kebakaran, penghuni masih di dalam rumah. Beruntung, mereka bisa menyelamatkan diri," ujar Junjun di kantornya Jalan Drs H Soejoed, Kertasari, Ciamis, Kamis (10/10/2019) siang.

Jujun menjelaskan, berdasarkan laporan pemilik rumah, tiga unit sepeda motor, uang tunai Rp 75 juta, dan puluhan gram perhiasan hangus terbakar.

"Jadi ditaksir kerugian sekitar ratusan juta rupiah. Untuk sementara korban mengungsi ke rumah saudaranya. Saat ini masyarakat membantu membereskan puing-puing bangunan yang terbakar," katanya.
(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com