detikNews
Kamis 10 Oktober 2019, 11:42 WIB

Bom Air Padamkan Kebakaran Kawah Putih, Warga Dilarang Masuk

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Bom Air Padamkan Kebakaran Kawah Putih, Warga Dilarang Masuk Foto: Wisma Putra/detikcom
Bandung - Petugas menggunakan helikopter water bombing atau bom air untuk mengatasi kebakaran hutan di kawasan Kawah Putih, Kabupaten Bandung. Selama proses pemadaman, masyarakat sekitar ditahan supaya tak naik.

"Untuk Satgas Karhutla, termasuk masyarakat, tidak boleh naik di sekitar titik yang akan dilakukan water bombing. Dilakukan penyekatan terhadap masyarakat yang akan ke lokasi," ucap Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko dalam keterangannya, Kamis (10/9/2019).

Truno mengatakan penyekatan dilakukan lantaran lokasi yang akan dipadamkan harus steril dari manusia. Hal ini guna memperlancar proses pemadaman.

"Ada tim yang dibagi untuk melakukan penyekatan di titik water bombing agar lokasi steril dari orang," tuturnya.



Bom air berkapasitas 4.000 liter air dilakukan di empat titik, yaitu Sunan Ibu, Sunan Rama, Kawah Saat, dan Cipanganten. Menurut Truno, berdasarkan pengamatan, masih ada api yang muncul di sekitar empat titik tersebut.

"Sunan Ibu tidak ada titik api, tapi harus dilakukan pendinginan. Sunan Rama sudah tidak ada api, tapi ketika mengarah ke puncak sudah habis terbakar. Cipanganten masih ada api. Termasuk Kawah Saat sudah habis terbakar," kata Truno.
(dir/err)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com