detikNews
Rabu 09 Oktober 2019, 19:21 WIB

Pembuatan Kolam Retensi Dekat Stadion GBLA Bandung Sudah 80 Persen

Mochamad Solehudin - detikNews
Pembuatan Kolam Retensi Dekat Stadion GBLA Bandung Sudah 80 Persen Progres pembangunan Kolam Retensi Rancabolang, Kota Bandung, sudah mencapai 80 persen. (Foto: dok. Humas Pemkot Bandung)
Bandung - Pemerintah Kota Bandung menargetkan Kolam Retensi Rancabolang di Kecamatan Gedebage, Kota Bandung, selesai pada November mendatang. Saat ini progres pembangunan kolam retensi tersebut telah mencapai 80 persen.

Kolam retensi tersebut lokasinya berada di pinggir Jalan Tol Purbaleunyi dekat Stadion GBLA. Kolam retensi itu dibangun di atas lahan seluas 8.000 meter persegi dan diharapkan mampu menjadi solusi penanganan banjir di Cinambo dan Rancabolang.


Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana meninjau proses pembangunan kolam retensi tersebut. Hasilnya, dia melihat cukup bagus dan sesuai dengan yang diharapkan.

"Progresnya sudah bagus. Kami sedang memetakan untuk jogging track dan penanaman pohon. Ya sekarang sudah sekitar 80 persen selesai," kata Yana saat meninjau pembangunan kolam retensi, Rabu (9/10/2019).

Yana mengungkapkan pembangunan kolam retensi ini dilakukan secara swadaya antara pemerintah dan masyarakat. Teknik pembangunannya juga cukup berbeda karena tanah di sekitar Gedebage merupakan bekas rawa.

Pembuatan Kolam Retensi Dekat Stadion GBLA Bandung Sudah 80 PersenFoto: Dok. Humas Pemkot Bandung
Selain membuat kolam, kata dia, pada bagian tengahnya dibuat lubang dengan pipa agar air mudah meresap ke dalam lapisan tanah.

"Bedanya kolam di sini itu, kita membuat lubang. Karena karakter tanahnya itu beda. Ini bekas rawa. Jadi dibuat lubang dengan kedalaman tertentu supaya air masuk, tidak menggenang terus," katanya.


Sementara itu, Ketua DPRD Kota Bandung Teddy Rusmawan mengapresiasi hal itu. Atas dorongan Pemkot Bandung, kolam retensi yang digagas bersama masyarakat bisa dihadirkan.

"Saya apresiasi, karena swadaya masyarakat ini bisa menghadirkan kebaikan. Apalagi dalam lingkungan, warga ikut andil sebagai penggagas," ujarnya.


Simak juga video "Bima Arya soal Banjir Limpahan: Jakarta Bantu Bangun Kolam Retensi" :

[Gambas:Video 20detik]


(mso/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com