detikNews
2019/10/09 09:29:46 WIB

Kemarau Panjang, Warga Ciwidey Bandung Salat Minta Hujan

Wisma Putra - detikNews
Halaman 1 dari 2
Kemarau Panjang, Warga Ciwidey Bandung Salat Minta Hujan Warga menggelar doa bersama dan salat meminta hujan di Lapangan Alun-alun Ciwidey. (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Kabupaten Bandung - Warga Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, menggelar salat istisqa di Lapangan Alun-alun Ciwidey. Warga berdoa meminta turun hujan lantaran sumber air di wilayah tersebut mengering akibat kemarau panjang.

Ribuan warga terdiri pimpinan Muspika Kecamatan Ciwidey, warga dan pelajar memasang sajadah di Lapangan Alun-alun Ciwidey, Rabu (9/10/2019) pagi. Saf depan diisi oleh jemaah pria dan saf belakang perempuan.

"Kita bersama komponen masyarakat Ciwidey melaksanakan salat istisqa bersama alim ulama, warga dan pelajar. Memohon kepada Allah diturunkan hujan untuk keberkahan warga Ciwidey," kata Camat Ciwidey Karyadi Suharjo.


Karyadi mengungkapkan sejak dilanda kemarau berkepanjangan ini wilayahnya dilanda kekeringan dan sumber air mengering. "Hampir lima hingga enam bulan kemarau dan menyebabkan kekeringan di desa-desa yang ada di Ciwidey. Warga kami kesulitan air, semoga segera turun hujan," ujar Karyadi.

Menurut dia, kemarau yang terjadi tahun ini cukup parah. Bahkan, sambung Karyadi, kebutuhan air bersih untuk warga mengandalkan bantuan dari BPBD Kabupaten Bandung dan Polsek Ciwidey.

"Selama kemarau, baru pertama kali menggelar salat istisqa. Untuk kemarau tahun ini dirasakan parah, warga sudah kekurangan air bersih," ucapnya.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com