detikNews
Selasa 08 Oktober 2019, 16:12 WIB

Bahayakan Keselamatan, 15 Truk ODOL Ditilang di Tol Palikanci

Sudirman Wamad - detikNews
Bahayakan Keselamatan, 15 Truk ODOL Ditilang di Tol Palikanci Razia truk ODOL di Tol Palikanci Cirebon. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Cirebon - Petugas menilang belasan truk besar yang over kapasitas atau lebih dikenal Over Dimension dan Over Load (ODOL) yang melintas di Tol Palimanan-Kanci (Palikanci) Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Operasi gabungan ODOL itu dilakukan petugas gabungan dari PT Jasa Marga Palikanci, kepolisian dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cirebon. "Sampai saat ini ada 20 kendaraan yang terjaring untuk yang kena tilang ada sekitar 15 kendaraan," kata Manager Traffic Management PT Jasa Marga Cabang Palikanci Agus Hartoyo di rest area KM 207 Tol Palikanci, Selasa (8/10/2019).


Agus mengatakan, operasi gabungan dilakukan hingga hari Jumat (12/10/2019). Truk ODOL salah satu faktor penyebab terjadinya kecelakaan tabrak belakang di perlintasan tol.

"Ini untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan di tol," katanya.

Bahayakan Keselamatan, 15 Truk ODOL Ditilang di Tol PalikanciFoto: Sudirman Wamad
Selain itu, Agus juga menyayangkan masih banyaknya truk yang tak laik jalan melintas di tol. "Ya ada yang tidak layak KIR dan sebagainya. Kondisi bannya sudah tidak layak dipaksa jalan. Kami imbau agar sopir dan perusahaan tak memaksakan muatan, ikuti aturan yang ada," katanya.

Di tempat yang sama, Kanit PJR Tol Palikanci Polda Jawa Barat AKP Rudy Suryadi mengatakan, penindakan terhadap ODOL harus terus dilakukan. Sebab, ODOL menjadi penyebab terjadinya kecelakaan di jalan tol.

"Truk ODOL ini melambat saat membawa muatan yang melebihi kapasitas. Sehingga bisa menyebabkan kecelakaan tabrak belakang. Jadi kita perlu antisipasi dan meminimalisir terjadinya kecelakaan," kata Rudy.


Lebih lanjut, Rudy mengatakan, pihaknya telah menerbitkan belasan surat tilang kepada para pengemudi ODOL. "Ya silakan nanti yang ditilang itu ikuti sidang yang sesuai aturan," ucapnya.


Simak juga video "Akhir Pelarian Residivis: Setahun Buron, Diciduk Saat Jadi Kernet Truk" :

[Gambas:Video 20detik]


(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com