detikNews
Selasa 08 Oktober 2019, 13:52 WIB

Cegah Kebakaran Hutan Meluas, Petugas Lokalisasi Area Kawah Putih

Wisma Putra - detikNews
Cegah Kebakaran Hutan Meluas, Petugas Lokalisasi Area Kawah Putih Kebakaran hutan di kawasan wisata Kawah Putih. (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Kabupaten Bandung - Petugas terus menangani kebakaran hutan di kawasan objek wisata Kawah Putih, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Kini tim gabungan melokalisasi area kebakaran tersebut.

Lokalisasi dilakukan petugas gabungan terdiri personel Polri, TNI, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan unsur relawan lainnya. Petugas membuat pembatas api agar kebakaran tak melebar.

"Kita melakukan lokalisasi api agar tidak meluas dengan cara membuat pembatas api selebar kurang lebih empat meter," ucap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko di Mapolda Jabar, Selasa (8/10/2019).


Polisi turut membantu proses pemadaman api. Proses pemadaman dilakukan bersama-sama dengan petugas pemadam kebakaran.

"Kita membantu petugas damkar untuk mencapai titik api dan melakukan pemadaman dan pendinginan areal yang terbakar, serta pendinginan area yang belum terbakar," tutur Truno.

Polda Jabar mengerahkan 125 personel ke kawasan Kawah Putih. Mereka akan bergabung dengan personel gabungan lainnya. Total personel gabungan yang menangani kebakaran hutan dan lahan sebanyak 285 personel.


Truno menambahkan upaya lain yang dilakukan ialah membuat 10 pos pemantauan. Pos disiagakan di sekitar area Kawah Putih.

"Setiap pos diisi oleh sebelas personel gabungan untuk memantau api dan melakukan pemadaman secara manual," kata Truno.




Tonton juga video pi Masih Berkobar, Obyek Wisata Kawah Putih Ditutup Sementara:

[Gambas:Video 20detik]


(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com