2 Pencuri Kabel Optik Senilai Rp 270 Juta Ditangkap di Sumedang

Wisma Putra - detikNews
Kamis, 03 Okt 2019 15:07 WIB
Barang bukti kabel optik yang dicuri di Sumedang. (Foto: Istimwa)
Sumedang - Dua orang pencuri kabel optik senilai ratusan juta rupiah di Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, diringkus anggota Satreskrim Polres Sumedang dan Unit Reskrim Polsek Pamulihan.

Kedua pelaku bernama Yayan Hardiansyah dan Ahmad Mahmud merupakan warga Sumedang. Keduanya ditangkap tanpa perlawanan pada Rabu (2/10) kemarin.


Kapolres Sumedang AKBP Hartoyo mengatakan, kedua pelaku ditangkap karena terlibat dalam perkara tindak pidana pencurian kabel fiber optik merek Jembo type ADSS 48 Core sebanyak 5 huspel atau sebanyak 20.000 meter.

"Pelaku melakukan pencurian dengan cara mengambil barang yang disimpan di halaman ruko pada waktu malam hari dengan menggunakan 2 (dua) unit kendaraan. Diduga pelaku berjumlah lebih dari 2 orang," kata Hartoyo, Kamis (3/10/2019).


Para pelaku melakukan pencurian di PT Inti Bangun Sejahtera (IBS) yang ada di Kecamatan Pamulihan. Akibatnya pemilik kabel mengalami kerugian ratusan juta rupiah.

"Dengan kejadian tersebut pelapor melaporkan ke Polsek Pamulihan guna proses lebih lanjut. Atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian sebesar Rp 270 juta," katanya.


Saat ini pelaku pencurian tersebut sudah dalam penanganan penyidik. Pihaknya sedang melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan mengembangkan tersangka lainnya. Kedua pelaku dijerat dengan Pasal 363 KUHP. "Sudah kami tahan," ujarnya. (tro/tro)