Kelas SD di Lembang Nyaris Ambruk, Siswa Belajar di Ruang Kepsek

Yudha Maulana - detikNews
Kamis, 03 Okt 2019 14:02 WIB
SDN Gudang Kahuripan di Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, nyaris ambruk dan membahayakan siswa. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Bandung Barat - Satu ruangan kelas di SDN Gudang Kahuripan 3, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) nyaris ambruk. Rekahan pondasi kayu yang lapuk pun dikhawatirkan merembet ke ruangan kelas yang di sebelahnya.

Pantauan detikcom, dinding semen di luar bagian kelas tersebut mengelupas. Sementara itu, kuda-kuda konstruksi bangunan tersebut telah bergeser sehingga harus disangga tongkat agar tetap berdiri. Sementara, di bagian gentingnya tak rata karena rusaknya fondasi atap bangunan.


Kondisi di dalam bangunan pun memprihatinkan. Langit-langit atap kelas jebol sehingga menyisakan puing-puing yang berserakan di lantai. Sementara itu, pihak sekolah memasang tali pembatas agar tak ada murid yang beraktivitas di dekat ruang kelas tersebut.

"Rekahannya muncul sudah sekitar tiga harian, baru kemarin sekitar pukul 15.30 WIB ambruk. Alhamdulillah udah enggak ada siswa," kata Kepala Sekolah Gudang Kahuripan 3 Dindin Tajuddin saat ditemui detikcom.

Kelas SD di Lembang Nyaris Ambruk, Siswa Belajar di Ruang KepsekFoto: Yudha Maulana
Ia mengatakan, sejak muncul retakan pertama, 23 murid kelas 5 yang belajar di ruang kelas itu dipindahkan ke ruang kepala sekolah yang disekat sehingga bisa digunakan kegiatan belajar mengajar (KBM).

"Tadi juga pukul 10 pagi, bongkahan semen jatuh. Kami pasang tali, karena anak-anak kan tidak tahu bahaya apa yang mengancam, ada yang penasaran walau guru sudah mewanti-wanti agar jangan didekati," ucapnya.


Menurutnya bangunan sekolah itu telah berdiri sejak 1964. Renovasi pernah dilakukan namun hanya di bagian genting dan lantai saja. Dananya pun berasal dari perusahaan swasta.

"Kami juga sudah buat laporan kilat ke Disdik soal kondisi kelas mau ambruk, alhamdulillah ditanggapi, Disdik minta kami kirim proposal," katanya.

Alexa (12), siswa yang belajar di kelas tersebut, berharap ruang kelasnya bisa kembali diperbaiki. "Inginnya sih segera diperbaiki, agar bisa kembali belajar lagi dengan nyaman," katanya.

Kelas SD di Lembang Nyaris Ambruk, Siswa Belajar di Ruang KepsekFoto: Yudha Maulana
Kepala Dinas Pendidikan KBB Imam Santoso mengatakan, ia telah mengutus Kabid SD untuk memeriksa kondisi kelas yang terancam ambruk tersebut.

"Yang penting anak-anak belajar dengan aman, untuk perbaikannya akan kami upayakan," ujar Imam saat dikonfirmasi detikcom. (tro/tro)