Misteri Dalang Anarcho yang Tunggangi Demo Ricuh di Bandung

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Kamis, 03 Okt 2019 12:09 WIB
Demonstran dan polisi bentrok di depan Gedung DPRD Jabar, Kota Bandung, Senin (30/9). (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Bandung - Polda Jabar menuding kelompok Anarcho-Syndicalism menunggangi aksi demo mahasiswa yang berakhir ricuh di Kota Bandung, Senin (30/9). Kelompok Anarcho ini juga disinyalir sebagai massa yang terlibat keributan saat aksi demo May Day atau Hari Buruh di Kota Bandung, beberapa waktu lalu.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan aparat penegak hukum dan jajaran intelijen tengah menganalisis kelompok tersebut. Sejauh ini, pihaknya pun masih menunggu hasil analisis. Siapa dalang di balik gerakan Anarcho ini masih menjadi misteri.

"Belum. Itu kan tugasnya penegak hukum sama intel. Sejauh ini belum ada. Nanti saja tunggu," ucap Truno saat dihubungi, Kamis (3/10/2019).


Kapolda Jabar Irjen Rudy Sufahriadi mengatakan kelompok Anarcho-Syndicalism menunggangi aksi demo mahasiswa di Gedung DPRD Jabar, Kota Bandung, Senin (30/9). Polisi tengah mempelajari pola kelompok perusuh yang diduga membuat rusuh aksi demo mahasiswa. Hal ini guna mengantisipasi aksi mahasiswa yang ditunggangi kelompok tertentu.

"Kita sedang belajar, kita sedang antisipasi supaya bagaimana mahasiswa jangan ditunggangi kelompok tertentu," ucap Rudy di Mapolda Jabar, Kamis (3/10/2019).

Jauh sebelumnya, kelompok ini pun pernah terungkap pada demo Hari Buruh 1 Mei 2019 di Kota Bandung. Kelompok yang identik berpakaian serba hitam ini sempat diamankan polisi.


Kapolri Jenderal Tito Karnavian saat itu mengatakan massa berbaju hitam-hitam yang membuat ricuh aksi May Day di Kota Bandung adalah kelompok Anarcho-Syndicalism. Tito menyebut kemunculan kelompok ini sebagai fenomena di kalangan pekerja di Indonesia.

"Ada satu kelompok namanya Anarcho-Syndicalism, dengan simbol huruf A. Ini bukan kelompok fenomena lokal, tapi fenomena internasional," kata Tito di Jakarta, Kamis (2/5).


Kelompok Anarko Dituding Jadi Provokator Demo Ricuh di Bandung:

[Gambas:Video 20detik]



(dir/bbn)