detikNews
Rabu 02 Oktober 2019, 12:58 WIB

Melihat Keseruan Guru-Siswa Sumedang Fashion Show Batik di Sekolah

Wisma Putra - detikNews
Melihat Keseruan Guru-Siswa Sumedang Fashion Show Batik di Sekolah Guru dan siswa SMKN 1 Sumedang menggelar fashion show batik di sekolah. (Wisma Putra/detikcom)
Sumedang - Ratusan siswa dan guru SMKN 1 Sumedang memperingati Hari Batik Nasional 2019 dengan menggelar fashion show. Motif batik Kasumedangan dipamerkan dalam acara itu.

Pantauan detikcom Rabu (2/10/2019), 23 pasang guru dan 57 pasang siswa berlenggak-lenggok di atas catwalk yang dipasang di Lapangan Basket SMKN 1 Sumedang. Bukan hanya batik Kasumedangan, beragam motif dan warna batik khas Indonesia pun dipamerkan dalam acara itu. Bak model, para guru dan siswa percaya diri berjalan di atas catwalk.


Sambutan dan tepuk tangan dari para penonton diberikan kepada para model yang berlaga di atas catwalk, bahkan yel-yel pun disuarakan para penonton saat model jagoannya tampil.

"Batik ini warisan dari leluhur kita. Ke mana pun kalian pergi, ke luar negeri, bila kalian mengenakan batik, orang akan mengenali kita adalah warga Indonesia, yang dikenal dengan batiknya," kata Kepala SMKN 1 Sumedang Elis Herawati.

Melihat Keseruan Guru-Siswa Sumedang Fashion Show Batik di SekolahFoto: Wisma Putra/detikcom
Elis mengatakan acara ini digelar agar para siswa mencintai batik Indonesia. Menurutnya, kini batik sudah mendunia. Saat ini bukan lagi perlu mengenali, tapi menumbuhkan kecintaan pada batik.

"Acara ini digelar untuk menyambut Hari Batik Nasional 2019. Kegiatan ini baru pertama kali digelar di sekolah ini. Tujuannya untuk menumbuhkan kecintaan para siswa dan guru terhadap batik," ucapnya.

Melihat Keseruan Guru-Siswa Sumedang Fashion Show Batik di SekolahFoto: Wisma Putra/detikcom
Menurut Elis, bukan hanya peserta yang mengikuti acara tersebut. Siswa lainnya yang berjumlah 1.979 juga turut mengenakan pakaian batik pada hari ini.

"Batik sudah menjadi identitas warga Indonesia. Saya berharap para siswa mencintai batik, karena batik ini adalah warisan dari leluhur kita yang harus dilestarikan. Jangan sampai batik ini diklaim oleh bangsa lain," ujarnya.

Salah satu siswa Nurullah mengaku bangga bisa mengenakan batik dan tampil dalam acara kali ini. "Saya merasa bangga dan senang sekali diadakannya Hari Batik Nasional ini karena bisa menumbuhkan rasa kecintaan terhadap batik yang ada di Indonesia," katanya.


Dalam acara itu, Nurullah mengenakan batik khas Solo, Jawa Tengah, dengan motif batik kawung dan dikombinasikan dengan kain polos berwarna hitam sehingga menampilkan busana yang elegan.

"Saya pakai batik dari Solo. Nyaman banget dong, tentu produk asli Indonesia yang ditampilkan melalui fashion show ini," ujarnya.
(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com