detikNews
2019/10/01 14:08:50 WIB

Pemprov Jabar Didorong Tambah Subsidi Olah Sampah Legok Nangka

Mochamad Solehudin - detikNews
Halaman 1 dari 2
Pemprov Jabar Didorong Tambah Subsidi Olah Sampah Legok Nangka Sekda Kota Bandung Ema Sumarna (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)
Bandung - Pemkot Bandung berharap ada keringanan yang diberikan Pemprov Jabar terkait tipping fee Tempat Pengolahan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) Legok Nangka, Nagreg, Kabupaten Bandung. Karena besaran tipping fee yang dibebankan saat ini dinilai berat dari sisi anggaran.

TPPAS Legok Nangka saat ini masih dalam tahap penyelesaian. Rencananya TPPAS tersebut diproyeksikan menjadi pengganti TPA Sarimukti yang akan segera habis masa operasinya.


Untuk bisa membuang sampah ke TPPAS Legok Nangka saat beroperasi nanti, Pemkot Bandung diharuskan membayar tipping fee sebesar Rp 386 ribu per ton. Dari jumlah tersebut Pemkot akan mendapat subsidi dari Pemprov sebesar 30 persen dan sisanya menjadi kewajiban pemerintah daerah.

Sekda Kota Bandung Ema Sumarna menegaskan bahwa Pemkot Bandung mendukung pembangunan TPPAS Legok Nangka. Sebab secara tata ruang, Kota Bandung tidak memungkinkan untuk dibangun tempat pembuangan akhir.

"Bandung ini sangat berkepentingan soal tempat pembuangan akhir karena secara tata ruang dan juga secara geo kita tidak punya tempat untuk itu," ujar Ema di Balai Kota Bandung, Selasa (1/10/2019).
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com