detikNews
Senin 30 September 2019, 13:52 WIB

Polisi Amankan Puluhan Pelajar Sukabumi yang Akan Demo ke Jakarta

Syahdan Alamsyah - detikNews
Polisi Amankan Puluhan Pelajar Sukabumi yang Akan Demo ke Jakarta Polres Sukabumi amankan puluhan pelajar yang berencana ikut demo ke Jakarta. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Sukabumi - Puluhan pelajar terjaring razia Polres Sukabumi di di jalur lintasan Sukabumi-Bogor. Menurut polisi mereka hendak berangkat untuk bergabung dengan massa aksi demo di Jakarta.

Kapolres Sukabumi AKBP Nasriadi menyebut para pelajar terprovokasi ajakan dari media sosial dan jejaring pesan singkat. "Mereka kita amankan di sekitar Terminal Benda dari beberapa kendaraan angkutan yang memang tujuannya ke Jakarta," kata Nasriadi kepada detikcom, Senin (30/9/2019).


Saat dilakukan penggeledahan polisi tidak menemukan senjata tajam atau barang berbahaya lainnya yang dibawa pelaku.

"Mengakunya mereka hanya akan aksi damai, tapi tetap saja hal seperti ini tidak bisa kita biarkan demi keselamatan mereka juga. Kita beri nasihat karena kita tidak tahu situasi di Jakarta nanti seperti apa kan," ucap Nasriadi.


Nasriadi juga menunjukkan beberapa grup pesan singkat yang berisi ajakan hingga strategi keberangkatan mereka ke Jakarta. "Ada bukti-bukti saling ajak untuk ikut aksi ke Jakarta, kumpul di titik mana berangkatnya bagaimana semuanya ada," katanya.

Selain di ruas Sukabumi-Bogor, aparat Polres Sukabumi mengamankan sebanyak 55 pelajar STM yang juga diketahui akan berangkat ke Jakarta.

Polisi Amankan Puluhan Pelajar Sukabumi yang Akan Demo ke JakartaFoto: Syahdan Alamsyah
Informasi yang di himpun, puluhan pelajar tersebut diturunkan dari truk di dua lokasi yang berbeda. yakni di Jalur Jalan Lingkar Selatan, tepatnya di samping Masjid Raudhatul Irfan, Kabupaten Sukabumi dan di Terminal Tipe A Kota Sukabumi.

Salah seorang pelajar berinisial EP (18) membenarkan ia dan teman-temannya memang sedang dalam perjalanan menuju Jakarta. "Mau ikut demo ke jakarta sekalian silaturahmi bersama teman-teman pelajar di sana. Dapat informasi dari pesan berantai di WhatsApp," ucapnya.


Mau ke Jakarta, Pelajar Ini Tak Berkutik Saat Diamankan di Stasiun Bogor:

[Gambas:Video 20detik]




(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com