Ridwan Kamil Soroti Lambatnya Proses Lelang Proyek

Mochamad Solehudin - detikNews
Senin, 30 Sep 2019 13:25 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyayangkan adanya sejumlah proyek tidak berjalan maksimal akibat lambatnya proses lelang. Salah satunya proyek pembangunan Masjid Al Jabar, di Gedebage, Kota Bandung.

"Untuk lelang, masih ada lelang terlalu terlambat. Jadi harus geser ke tahun berikutnya," kata Emil, sapaannya, di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (30/9/2019).

Ia meminta ada perbaikan tata kelola dalam proses lelang. Karena, menurut Emil, proyek pemerintah akan berbanding lurus terhadap laju ekonomi dan inflasi di Jabar.

"Atas bimbingan Kemendagri, lelang bisa dilakukan tahun sebelumnya (atau dipercepat) untuk yang disepakati dengan dewan. Karena teorinya inflasi ini berbanding lurus dengan keputusan pemerintah," ucapnya.


Adanya masukan dan bimbingan dari pemerintah pusat, pihaknya akan mencoba menggenjot proses lelang. Sehingga, lanjut dia, proyek pembangunan yang disiapkan bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

"Kalau proyek Oktober baru mulai, katering, tukang juga baru mulai, sehingga berdampak terhadap kegiatan swasta," ujar Emil.

Emil berharap berbagai rencana pembangunan yang disiapkan di tahun depan dapat berjalan sesuai harapan. Proses lelang juga akan diupayakan dipercepat sehingga pada awal tahun sudah ada pembangunan yang dijalankan.

(mso/bbn)