detikNews
Sabtu 28 September 2019, 23:12 WIB

Lahan Gambut Terbakar di Bandara Kertajati Diperkirakan 20 Hektare

Sudirman Wamad - detikNews
Lahan Gambut Terbakar di Bandara Kertajati Diperkirakan 20 Hektare Kebakaran lahan gambut di kawasan Bandara Kertajati. (Foto: DOK.BPBD Majalengka)
Majalengka - Api membakar lahan gambut di kawasan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Petugas sudah berhasil memadamkan api.

"Perkiraan sementara luas lahan yang terbakar 20 hektare. Pastinya belum dihitung ya," kata Kepala BPBD Majalengka Agus Permana saat dihubungi detikcom, Sabtu (28/9/2019) malam.


Agus menyebutkan titik api muncul dari lahan milik warga sekitar di Blok Pejaten, Desa Kertajati, Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka. Kemudian, kebakaran merembet hingga ke lahan bandara, sekitar gudang bahan bakar dan kargo.

"Api ini mudah merembet karena angin kencang dan lahan yang kering," kata Agus.

Api sempat mendekat ke kawasan gudang avtur. Sejumlah mobil tangki bahan bakar pun dievakuasi. "Ya memang kebakaran itu sudah mendekati gudang avtur, semua mobil tangki kita ungsikan. Sampai sekarang masih di luar (gudang)," kata Agus.

Petugas gabungan berhasil memadamkan api sekitar pukul 21.00 WIB. Namun saat ini petugas masih siaga untuk mengantisipasi kebakaran susulan.


(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com