Cegah Pelajar Sukabumi Demo ke Jakarta, Aparat Razia Kendaraan

Syahdan Alamsyah - detikNews
Sabtu, 28 Sep 2019 11:50 WIB
Sejumlah kendaraan pribadi dihentikan dan diperiksa polisi. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Sukabumi - Tersebarnya ajakan pelajar untuk ikut demo ke Jakarta membuat polisi di Sukabumi bekerja ekstra. Mencegah hal tersebut, polisi menggelar razia kendaraan sejak malam tadi hingga siang ini. Penyekatan berlangsung di sejumlah titik, salah satunya perlintasan menuju Bogor.

Di Bojongkokosan, Kecamatan Parungkuda, Sukabumi seratusan personel Polri dan TNI melakukan penyekatan di ruas jalan Sukabumi-Bogor.

"Ini antisipasi informasi dari Polres Sukabumi Kota terkait adanya temuan soal ajakan kepada para pelajar untuk berkumpul di lokasi ini. Makanya hari ini kami bersama rekan-rekan TNI, Dishub dan Satpol PP melakukan upaya penyekatan di tempat ini," kata Kapolres Sukabumi AKBP Nasriadi, Sabtu (28/9/2019).


Sejumlah kendaraan pribadi dihentikan dan diperiksa petugas. Truk angkutan barang juga ikut di setop untuk diperiksa.

"Sasaran kita tidak hanya kendaraan pribadi tapi juga truk angkutan barang yang bisa saja ditunggangi oleh para pelajar karena informasi kita dapat ada ajakan yang tersebar di kalangan pelajar untuk ikut aksi ke Jakarta," ujar Nasriadi didampingi Kasatlantas AKP Galih Bayu.

Cegah Pelajar Sukabumi Demo ke Jakarta, Aparat Razia KendaraanPenyekatan oleh aparat gabungan berlangsung di sejumlah titik, salah satunya perlintasan menuju Bogor. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Menurut Nasriadi, selain melibatkan personel TNI, pihaknya mengajak pengawas pendidikan untuk ikut bersiaga di lokasi. Pantauan detikcom, beberapa pelajar yang menumpang angkot terpaksa diturunkan lalu digeledah petugas.

"Ini kan langkah antisipasi, kita tidak berharap ada pelajar di Sukabumi yang ikut-ikutan aksi ke Jakarta. Saya juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan untuk memberikan imbauan agar tidak ada pelajar kita yang berangkat ke Jakarta," ucap Nasriadi.


Sebelumnya, lima pelajar SMP di Kota Sukabumi, Jawa Barat, diamankan polisi. Mereka berniat ke Jakarta untuk ikut demo pada Sabtu (28/9/2019). Dari tangan pelajar itu polisi menyita sebuah gir motor modifikasi yang biasa digunakan sebagai alat tawuran.

"Pengakuan mereka hendak berangkat ke Jakarta untuk mengikuti aksi besok. Saat digeledah, kita menemukan gir modifikasi," kata Kapolres Sukabumi Kota AKBP Wisnu Prabowo kepada detikcom di Mapolres Sukabumi Kota, Jumat (27/9) malam.

Personel patroli Sabhara Polres Sukabumi Kota mengamankan mereka di Lapang Merdeka, Kota Sukabumi, sekitar pukul 14.00 WIB. "Pada saat kita lakukan pengecekan, ternyata di dalam handphone-nya ditemukan ada ajakan ke Jakarta untuk aksi besok. Ajakan itu tersebar di grup media sosial Facebook," tutur Wisnu.




Niat Demo ke Jakarta, 5 Bocah SMP di Sukabumi Bawa Gir:

[Gambas:Video 20detik]

(sya/bbn)