Niat Demo ke Jakarta, 5 Pelajar SMP Sukabumi Bawa Gir

Syahdan Alamsyah - detikNews
Jumat, 27 Sep 2019 23:11 WIB
Kapolres Sukabumi Kota AKBP Wisnu Prabowo memperlihatkan barang bukti gir yang dibawa pelajar. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Sukabumi - Lima pelajar SMP di Kota Sukabumi, Jawa Barat, diamankan polisi. Mereka berniat ke Jakarta untuk ikut demo pada Sabtu (28/9/2019). Dari tangan pelajar itu polisi menyita sebuah gir motor modifikasi yang biasa digunakan sebagai alat tawuran.

"Pengakuan mereka hendak berangkat ke Jakarta untuk mengikuti aksi besok. Saat digeledah, kita menemukan gir modifikasi," kata Kapolres Sukabumi Kota AKBP Wisnu Prabowo kepada detikcom di Mapolres Sukabumi Kota, Jumat (27/9/2019).

Personel patroli Sabhara Polres Sukabumi Kota mengamankan mereka di Lapang Merdeka, Kota Sukabumi, sekitar pukul 14.00 WIB. "Pada saat kita lakukan pengecekan, ternyata di dalam handphone-nya ditemukan ada ajakan ke Jakarta untuk aksi besok. Ajakan itu tersebar di grup media sosial Facebook," tutur Wisnu.

Niat Demo ke Jakarta, 5 Pelajar SMP Sukabumi Bawa GirPesan berupa ajakan untuk demo ke Jakarta. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Saat ini kelima pelajar SMP tersebut masih dimintai keterangan di Satuan Binmas. Seluruh orang tua serta guru para pelajar tersebut dipanggil.

"Mereka membuat pernyataan di atas meterai untuk mengawasi anak-anak tersebut," ujar Wisnu.

Polisi berpesan kepada kepala SMP dan SMK di Kota Sukabumi untuk memastikan anak didik tetap mengikuti proses kegiatan belajar mengajar (KBM) yang diselenggarakan oleh sekolah. "Mereka ini kan masih pelajar," kata Wisnu. (bbn/bbn)