Pewarta Sukabumi Kecam Tindakan Represif Polisi ke Jurnalis

Syahdan Alamsyah - detikNews
Jumat, 27 Sep 2019 18:25 WIB
Aksi solidaritas jurnalis Sukabumi. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Sukabumi - Puluhan pewarta menggelar demonstrasi di Bundaran Tugu Adipura, Kota Sukabumi. Aksi solidaritas ini menyikapi tindakan represif oknum polisi kepada jurnalis yang meliput aksi demo tolak UU KPK baru dan RKUHP di sejumlah wilayah Indonesia.

Membawa beragam kertas bernada sindiran dan protes mereka bergantian melakukan orasi. "Rilis Diundang, Giliran Kritik Ditendang", "Makin Kritis Makin Dekat Dengan Jeruji Besi," dan berbagai tulisan lainnya.

"Catatan saya, hari ini ada 10 jurnalis yang mendapat tindakan represif oleh oknum aparat kepolisian. Kita minta hentikan, setop dan kembali kepada UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers," kata salah seorang orator, Jumat (27/9/2019).


Dalam aksi yang mendapat penjagaan aparat kepolisian itu, para jurnalis membagikan selebaran tentang UU Nomor 40 Tahun 1999 kepada warga dan polisi yang berada di sekitar lokasi. "Hari ini kita merasa rindu kepada almarhum BJ Habibie yang telah membuka keran kebebasan jurnalistik melalui UU Nomor 40," kata orator.

"Tapi kenapa yang terjadi saat ini, hari ini semua itu mundur. Negara kita mundur kawan-kawan dalam memberikan kebebasan jurnalistik. Kita melahirkan karya yang mengkritik malah kita dicari, bahkan diamankan oleh oknum-oknum aparat," ucap orator.
Selanjutnya
Halaman
1 2