detikNews
Kamis 26 September 2019, 15:53 WIB

Pemkot Bandung Kembali Godok Proyek Monorel

Mochamad Solehudin - detikNews
Pemkot Bandung Kembali Godok Proyek Monorel Ilustrasi monorel/Foto: Puti Aini Yasmin
Bandung - Pemkot Bandung kembali secara serius ingin melanjutkan proyek pembangunan moda transportasi massa berbasis rel. Salah satu rencana yang sempat mencuat adalah membangun monorel.

Rencana pembangunan moda transportasi massa tersebut memang sudah sejak lama dibahas. Bahkan pada saat Gubernur Jabar Ridwan Kamil masih menjadi Wali Kota Bandung, ia cukup serius menyiapkan rencana pembangunan proyek tersebut.

Berbagai kajian dilakukan oleh Pemkot Bandung agar rencana pembangunan itu bisa berjalan sesuai harapan. Sejumlah investor bahkan disebut sempat melirik proyek monorel yang digagas Pemkot Bandung.

Namun sayang, upaya menghadirkan monorel di Kota Bandung tidak berjalan sesuai rencana. Sampai saat ini proyek transportasi publik itu seakan hilang tanpa ada kelanjutan yang jelas.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung Ricky Gustiadi menuturkan, rencana pembangunan monorel sudah masuk dalam Blue Print Urban Multy Project dan secara regulasi ada dalam Perda tentang penyelenggaraan perhubungan.

Dari aturan yang ada, kemudian lahir sebuah Perwal yang secara khusus mengatur terkait rencana induk transportasi berbasis jalan raya dan rel. Namun belum spesifik mengatur teknologi yang akan digunakan terutama terkait transportasi berbasis rel.

"Berbasis rel ini open teknologi, bisa dikembangkan LRT, monorel dan teknologi lainnya," kata Ricky saat dihubungi, Kamis (26/9/2019).

Berdasarkan rencana yang ada, lanjut dia, sudah ada tiga trase atau rute monorel yang disiapkan. Rute pertama dari Cimindi-Gedebage, Baksil-Leuwipanjang dan juga yang melintas di pusat kota.

Rencana itu, juga akan diintegrasikan dengan pembangunan monorel atau LRT yang digagas Pemprov Jabar juga pemerintah pusat. Sehingga satu dengan yang lain terkoneksi secara baik.

"Kita sesuaikan dengan rencana induk Bandung Raya atau Bandung metropolitan area. Begitu juga terintegrasi rencana induk nasional," ucapnya.

Disinggung mengenai sejauh mana progres rencana pembangunan itu direalisasikan, kata dia, masih terus diupayakan. Pihaknya terus mendorong dan mencari peluang agar proyek itu bisa terealisasi dan menjadi salah satu solusi dalam mengatasi kemacetan di Kota Bandung.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna menilai pembangunan monorel memang cukup visible untuk dibangun di Kota Bandung. Pihaknya telah meminta Dishub Bandung untuk kembali mengodok rencana tersebut.

"Kemarin Kadishub sudah kami minta blue print transportasi kita coba ekspose cari alternatif jalan. Kalau saya paling visible itu berbasis rel. Monorel sebetulnya sudah ada dalam blue print transportasi kita. Itu kita minta ekspose ulang," ucapnya.

Selain itu, pihaknya dipimpin Wali Kota Bandung Oded M Danial akan mencoba berkomunikasi dengan para wakil rakyat tingkat provinsi dan pusat dapil Kota Bandung agar mau ikut membantu. "Bantu dari sisi anggaran saya kira," ujarnya.




Tonton juga video Berkenalan dengan Motor Trail Ramah Lingkungan dari Bandung:

[Gambas:Video 20detik]


(mso/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com