detikNews
Senin 23 September 2019, 17:23 WIB

Jelang Hari Jadi Kota Bandung, Penataan PKL Cicadas Baru 40 Persen

Mochamad Solehudin - detikNews
Jelang Hari Jadi Kota Bandung, Penataan PKL Cicadas Baru 40 Persen Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana meninjau penataan PKL Cicadas. (Foto: Mochamad Solehudin/detikcom)
Bandung - Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengakui adanya keterlambatan dalam proses penataan PKL Cicadas. Saat ini progresnya baru mencapai 40 persen.

Padahal, kata Yana, target penataan bisa selesai saat perayaan Hari Jadi Kota Bandung (HJKB) yang jatuh pada 25 September mendatang. Namun karena terkendala masalah produksi tenda dari vendor pemberi CSR, target tersebut kemungkinan besar tidak bisa terealisasi.

"Kemarin coba kita targetkan selesai (penataan) berkaitan dengan HJKB. Saya ingin pastikan, kemarin ada keterlambatan dari vendor. Saya ingin pastikan kira-kira itu selesai untuk 602 pedagang itu kapan," ucap Yana saat ditemui di sekitar Pasar Cicadas, Kota Bandung, Senin (23/9/2019).


Dia berharap proses penataan PKL bisa cepat selesai. Sehingga para pedagang bisa kembali berjualan seperti biasa. Sejauh ini telah ada lebih dari 100 ruang lapak pedagang terpasang di lokasi tersebut.

"Target secepat mungkin. Tapi semangatnya saya pikir, jadwal ikuti produksi, jadi tinggal diatur. Saya pikir ini sudah 40 persen," ucapnya.

Jelang Hari Jadi Kota Bandung, Penataan PKL Cicadas Baru 40 PersenFoto: Mochamad Solehudin
Sementara itu, Ketua Paguyuban PKL Cicadas Suherman menambahkan, sejauh ini penataan PKL Cicadas sesuai dengan yang diharapkan. Hanya saja dia meminta adanya penambahan fasilitas berupa penutup yang bisa melindungi dari panas dan hujan.

"Saya punya gambaran kalau duct rata memohon untuk menambah awning kayak kanopi setengah meter. Karena udah ada keluhan kalau pagi sampai jam 11 panasnya bukan main. Apalagi kalau musim hujan," ucapnya.

Jelang Hari Jadi Kota Bandung, Penataan PKL Cicadas Baru 40 PersenFoto: Mochamad Solehudin
Ditanya mengenai jalannya roda perekonomian, dia menyebut, sejauh ini belum berjalan maksimal. Karena menurutnya, proses penataan masih berlangsung dan terus dilakukan.

"Saya kira belum begitu maksimal. Kalau sudah keseluruhan mungkin bisa jadi daya tarik. Karena ketika tenda baru datang, konsumen terganggu," ucapnya.

Meski begitu, Suherman memastikan semua masukan dari para PKL akan coba diakomodir oleh Pemkot Bandung. Termasuk penambahan fasilitas agar para PKL bisa berjualan dengan maksimal dan nyaman.


Simak juga video "PKL di Trotoar Tuai Polemik, Anies: Jangan Kita Diskriminatif":

[Gambas:Video 20detik]


(mso/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com