detikNews
Senin 23 September 2019, 10:25 WIB

Luthfi Hasan Pulang Malam Hadiri Pernikahan Anaknya, Kalapas: Sesuai Prosedur

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Luthfi Hasan Pulang Malam Hadiri Pernikahan Anaknya, Kalapas: Sesuai Prosedur Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom
Bandung - Terpidana kasus korupsi kuota sapi impor Luthfi Hasan Ishaaq pulang malam setelah menghadiri pernikahan anaknya. Perginya Luthfi disebut sudah sesuai dengan aturan.

Kalapas Sukamiskin Abdul Karim mengatakan Luthfi memang pergi menghadiri undangan pernikahan anak kandungnya pada Minggu (21/9). Luthfi sudah mengajukan izin luar biasa (ILB) jauh-jauh hari untuk bisa keluar dari lapas.

"Yang bersangkutan izin luar biasa untuk menghadiri pernikahan anak kandungnya. Sudah melalui prosedur," ucap Karim di Lapas Sukamiskin, Jalan AH Nasution, Kota Bandung, Senin (23/9/2019).

Karim mengatakan eks Presiden PKS itu sudah mengajukan izin sejak 16 September 2019. Sebagai bukti, Luthfi juga menyertakan kartu undangan pernikahan kepada petugas.

"Kemudian, dari surat pengajuan itu, kita lakukan sidang TPP (tim pengamat pemasyarakatan). Kemudian diputuskan karena ini sesuai dengan protap, bahwa ada izin luar biasa untuk orang tua sakit, orang tua meninggal, dan menjadi wali nikah. Karena ini sudah melalui prosedur dan ini bisa diberikan kepada LHI," tuturnya.



Luthfi pun diberi izin untuk keluar dari Lapas Sukamiskin. Kemarin pagi, sekitar pukul 09.00 WIB, Luthfi berangkat dari Lapas Sukamiskin ke tempat pernikahan putranya di kawasan Lembang, Bandung Barat. Luthfi baru pulang ke Lapas Sukamiskin sekitar pukul 21.30 WIB menggunakan mobil Fortuner.

"Pengawalan dilakukan ada dari kami dan dari pihak kepolisian. Cuma satu hari," ucapnya.
Foto Lutfi Hasan dikawal petugas keluar Lapas dan bukti undangan pernikahan putranyaFoto Lutfi Hasan dikawal petugas keluar Lapas dan bukti undangan pernikahan putranya. (Dony Indra Ramadhan/detikcom)

Seperti diketahui, Terpidana kasus korupsi impor daging sapi, Luthfi Hasan Ishaaq, tepergok baru kembali ke Lapas Sukamiskin malam hari.

Pantauan detikcom di Lapas Sukamiskin, Jawa Barat, Luthfi keluar dari mobil Fortuner B-1027-F dengan menggunakan topi dan jaket pada pukul 21.30 WIB.

Dari dalam mobil tersebut juga tampak empat pengawal berbatik. Mereka sempat mengeluarkan beberapa barang dari dalam mobil hitam tersebut.

Saat akan masuk pintu lapas, Luthfi berpapasan dengan beberapa petugas lapas. Setelah itu, ia masuk untuk dilakukan pemeriksaan oleh penjaga lapas. Ia juga terlihat menenteng tas.
(dir/ern)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com