Pabrik Kasur di Cirebon Ludes Terbakar

Pabrik Kasur di Cirebon Ludes Terbakar

Sudirman Wamad - detikNews
Rabu, 18 Sep 2019 10:34 WIB
Foto: dok. Istimewa
Foto: dok. Istimewa
Cirebon - Sebuah pabrik spring bed atau kasur pegas di Kelurahan Pejambon, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, terbakar. Bangunan hingga sejumlah material yang berada di dalam pabrik ludes terbakar.

Kasi Tanggap Darurat Damkar Kabupaten Cirebon Eno Sujana mengatakan kebakaran itu terjadi sekitar pukul 01.30 WIB, Rabu (18/9/2019). Lebih dari lima jam petugas berjibaku memadamkan api.

"Sekitar enam jam api baru bisa dipadamkan. Kami mengerahkan delapan unit mobil pemadam kebakaran," kata Eno dalam keterangan yang diterima detikcom.

Lebih lanjut Eno menyebut angin yang kencang menyebabkan api sulit dipadamkan. Selain itu, pabrik tersebut tak menyediakan hidran atau sambungan pipa air.

"Saat kebakaran, pabrik dalam kondisi kosong, tidak ada orang. Informasi yang kami terima itu awalnya api muncul dari bagian dalam bangunan pabrik," kata Eno.
Pabrik Kasur di Cirebon Ludes TerbakarFoto: dok. Istimewa

Eno mengaku belum bisa menyimpulkan penyebab kebakaran. Namun ia menduga adanya korsleting listrik sehingga menimbulkan percikan api. Terlebih, material yang ada di dalam pabrik merupakan material yang mudah terbakar.

"Penyebab pastinya belum diketahui. Dugaannya itu overheat oven, sehingga terjadi korsleting, hubungan pendek arus listrik. Kerugian ditaksir miliaran rupiah," kata Eno. (ern/ern)