Seekor Penyu Mati Penuh Luka Terdampar di Pantai Pangandaran

Seekor Penyu Mati Penuh Luka Terdampar di Pantai Pangandaran

Andi Nurroni - detikNews
Rabu, 18 Sep 2019 10:28 WIB
Foto: dok. Istimewa
Foto: dok. Istimewa
Pangandaran - Seekor penyu ditemukan terdampar dalam kondisi mati penuh luka di Pantai Bojongsalawe, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Rabu (18/9/2019). Penyu berukuran besar tersebut diduga mati karena terjerat jaring penangkap ikan.

Penggiat konservasi penyu dari Kelompok Pelestari Biota Laut (KPBL) Giwang Sari mengatakan pihaknya mendapat informasi penemuan bangkai penyu dari warga setempat pada Rabu (18/9/2019) pagi. Berdasarkan hasil pemeriksaan tim, menurut Giwang, penyu tersebut berjenis penyu tempayan, dengan panjang tempurung 80 sentimeter.

"Usianya sekitar 8-10 tahun," ujar Giwang kepada detikcom.
Seekor Penyu Mati Penuh Luka Terdampar di Pantai PangandaranFoto: dok. Istimewa

Lebih jauh Giwang menggambarkan terdapat luka-luka yang masih segar pada bagian kaki. Ia menduga penyu mati karena terjerat alat tangkap yang tidak ramah lingkungan.

"Mungkin jenis (jaring) rawai senggol," kata dia.

Giwang menjelaskan sebenarnya sebagian nelayan di Pangandaran sudah sadar bahwa penyu masuk dalam kategori satwa dilindungi. Beberapa nelayan, kata Giwang, biasa melaporkan jika ada penyu tertangkap jaring atau menemukan penyu bertelur.

Ia curiga penyu terjerat jaring dari kapal besar di samudra lepas. Ia mengatakan, dalam dua tahun terakhir, puluhan penyu ditemukan mati terdampar dalam kondisi luka.

"Penyu yang ditemukan tadi akhirnya dikuburkan warga di sekitar lokasi penemuan," katanya.
Seekor Penyu Mati Penuh Luka Terdampar di Pantai PangandaranFoto: dok. Istimewa
(ern/ern)